nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kerjasama Go-Jek dan Blue Bird, Menhub: Satu Titik yang Mencair

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis 30 Maret 2017 12:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 30 320 1654446 kerjasama-go-jek-dan-blue-bird-menhub-satu-titik-yang-mencair-YJS3i9HFxh.jpg Foto: Dedy Afrianto

JAKARTA - Go-Jek Indonesia bekerjasama dengan PT Blue Bird Tbk (BIRD) dan meluncurkan layanan GO-BLUEBIRD. Turut hadir dalam pertemuan ini Menteri Perhubungan Budi Karya.

Menurut Budi Karya, kerjasama ini sekaligus membuktikan bahwa taksi konvensional dan perusahaan transportasi berbasis teknologi dapat berkolaborasi.

"Ini satu titik yang mencair. Saya katakan ini tidak mudah. Tapi satu titik yang mencair," tuturnya di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Menurut Budi, pemerintah selama ini telah melakukan penyesuaian aturan dengan sangat hati-hati. Diharapkan, aturan yang diterbitkan nantinya dapat memberikan pengaruh positif bagi perkembangan transportasi di Indonesia.

"Kita lakukan deregulasi. Ini kita lakukan dengan hati-hati. Karena taksi ini sudah banyak hidupi kepala keluarga dan service dengan baik," ungkapnya.

Seperti diketahui, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan akan melakukan revisi Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek. Dalam revisi aturan ini, nantinya akan terdapat kejelasan mengenai status transportasi berbasis aplikasi, khususnya pada kendaraan roda empat.

Pemerintah pun akan melakukan sosialiasi pada revisi aturan ini. Nantinya, transportasi berbasis aplikasi dipastikan akan memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan transportasi konvensional lainnya.

Keberadaan taksi online, menjadi polemik. Bagi konsumen, adanya taksi online sangat membantu karena harganya kompetitif. Di sisi lain, bagi taksi konvensional menjadi ancaman. Hal itu terlihat dari aksi unjuk rasa yang berujung anarkis. Tetapi hari ini ada angin segar. PT Go-Jek Indonesia resmi menjalin kerjasama dengan PT Blue Bird Tbk (BIRD). Dalam kerjasama ini Blue Bird dan Go-Jek meluncurkan layanan GO-BLUEBIRD.

Layanan ini memungkinkan masyarakat untuk memesan taksi Blue Bird secara khusus dalam aplikasi Go-Jek. Layanan ini juga sekaligus pengembangan dari layanan sebelumnya, di mana Blue Bird dapat dipesan melalui menu GO-CAR. "Sekarang ada aplikasi GO-BLUEBIRD, sekarang kita pro inovasi," kata CEO Go-Jek Indonesia Nadiem Makarim di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (29/3/2017).

(rzk)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini