nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesan Blue Bird dengan Aplikasi Go-Jek, Bagaimana Tarifnya?

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis 30 Maret 2017 12:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 30 320 1654448 pesan-blue-bird-dengan-aplikasi-go-jek-bagaimana-tarifnya-sY75E3fKzU.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA – Persoalan tarif hingga kini belum juga membuahkan hasil. Rencana pengesahan aturan terkait aturan tarif akan disahkan 1 April mendatang.

Di tengah isu tersebut, PT Blue Bird Tbk (BIRD) dan Go-Jek menjalin kerjasama. Menurut CEO Go-Jek Indonesia Nadiem Makarim, kerjasama ini sekaligus membuktikan bahwa Go-Jek kain serius dalam mengembangkan transportasi di Indonesia.

"Karena kita perusahaaan teknologi, bukan perusahaan transportasi," kata Nadiem di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Melalui kerjasama ini, bagaimana skema tarif yang digunakan?

Seperti diketahui, Blue Bird adalah perusahaan taksi konvensional. Adapun tarifnya telah diatur oleh pemerintah dengan skema tarif batas atas dan tarif batas bawah.

Hanya saja, melalui layanan Go-Jek, pemerintah baru saja mengeluarkan aturan revisi Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek. Dalam revisi aturan ini, nantinya akan terdapat kejelasan mengenai status transportasi berbasis aplikasi dan tarif, khususnya pada kendaraan roda empat.

Khususnya tarif, pemerintah memberikan dispensasi waktu selama 3 bulan. Namun, hal ini tidak begitu berpengaruh dengan adanya kerjasama ini.

"Tarifnya nanti sesuai tarif biasa Blue Bird," ujar Nadiem.

Pengecualian terdapat pada tarif promo. Misalkan pembayaran melalui Go-Pay.

"Jadi ada dua skema, yaitu melalui pembayaran non tunai dan pembayaran tunai," jelasnya.

Go-Jek pun nantinya akan fokus untuk mengembangkan kerjasama ini. Belum terdapat rencana apakah nantinya kerjasama ini akan dikembangkan dengan taksi lainnya.

"Saat ini kita masih jalin kerjasama dengan Blue Bird," tutupnya.

(rzk)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini