Rumah Tanpa DP Bisa Terapkan Konsep Hunian Vertikal

Trio Hamdani, Jurnalis · Senin 03 April 2017 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 03 470 1657503 rumah-tanpa-dp-bisa-terapkan-konsep-hunian-vertikal-wdtq2JbLbN.jpg Ilustrasi : Shutterstock

JAKARTA - Pasangan Calon (paslon) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Salahudin Uno menelurkan program DP nol Rupiah untuk kepemilikan rumah.

Program ini pun disambut dengan positif walaupun sebagian pihak ada yang mempertentangkan, salah satunya terkait ketersediaan lahan di Jakarta yang dinilai sudah nyaris habis.

Namun, Anggota Komisi VI Anggota Komisi VI DPR RI Refrizal mengatakan, keterbatasan lahan di Jakarta dapat diakali dengan membangun hunian vertikal. Menurutnya untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tak ada alasan yang menbuatnya tidak mungkin.

"Iya dong, kalau rumah, tanah sudah enggak ada, kan sudah habis, tapi bisa dibangun ke atas kan, ditata yang baik, tata ruangnya juga bisa diubah kok," terangnya dihubungi Okezone di Jakarta Senin (3/4/2017).

Menurutnya, persoalan mengenai tata ruang bukan sesuatu yang bersifat kaku. Tata ruang memiliki sifat yang fleksibel. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk penyediaan perumahan bagi masyarakat MBR dengan DP nol Rupiah.

"Tata ruang bukan kitab suci, dia bisa diubah. Di perumahan orang kaya itu harus ada juga perumahan orang miskin," jelasnya.

"Walaupun orang kayanya ngambil lahannya banyak, orang miskin ngambil lahannya sedikit. Orang miskin itu dari lahan yang sedikit itu bisa dinaikkan ke atas (hunian vertikal). Nah ini yang perlu kita bantu," tambahnya. (tro)

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini