Mudahkan Masyarakat, Pengembang Gembira Ada Program Rumah Tanpa DP

Trio Hamdani, Jurnalis · Senin 03 April 2017 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 03 470 1657507 mudahkan-masyarakat-pengembang-gembira-ada-program-rumah-tanpa-dp-kXsTXPbj3r.jpg Ilustrasi : Shutterstock

JAKARTA - DP nol Rupiah sempat menjadi perbincangan yang cukup hangat, khususnya ketika muncul wacana penerapan DP rumah nol Rupiah oleh Pasangan Calon (paslon) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Salahudin Uno.

Wacana tersebut sempat dipertanyakan oleh sejumlah pihak karena dinilai tak memiliki landasan hukum. Namun. dari sudut pandang pengembang, DP nol Rupiah terlepas dari unsur politis disambut dengan positif.

"Prinsipnya semua yang memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan 'papan' atau rumah sangat menggembirakan pengembang," kata Managing Director President Office Sinar Mas Land Dhony Rahajoe dihubungi Okezone di Jakarta Senin (3/4/2017).

Hal itu disambut positif, menurut Dhony lantaran dapat membangkitkan sektor properti. Apalagi belakangan ini sektor properti pertumbuhannya agak melambat. Sehingga hal itu dapat menstimulus pertumbuhan bisnis properti.

"Hanya (ada yang) perlu dicatat. Perlu sinkronisasi kebijakan dan para pelaku jasa keuangan agar tidak saling tumpang tindih. Dalam hal ini pengembang tidak bisa lepas dari aturan perundangan dan ketentuan perbankan," terangnya.

Dia pun menyebut, saat ini sejumlah bank sudah ada yang memberikan penawaran DP nol Rupiah untuk kredit pemilikan mobil. Untuk kredit rumah, diperkirakan bisa menerapkan skema kredit mobil tersebut

"Saat ini beberapa bank sudah menawarkan 0% DP dan 0% bunga cicilan untuk jangka waktu hingga 36 bulan khususnya transaksi dengan kartu kredit dengan syarat dan ketentuan berlaku. Hal ini menggairahkan sektor ekonomi," tukasnya. (tro)

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini