Diberi Rumah Tanpa DP, Konsumen Harus Komitmen agar Cicilan Lancar

Trio Hamdani, Jurnalis · Senin 03 April 2017 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 03 470 1657537 diberi-rumah-tanpa-dp-konsumen-harus-komitmen-agar-cicilan-lancar-DDK5Bf56J1.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Pasangan Calon (paslon) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Salahudin Uno telah mewacanakan akan merealisasikan program DP rumah nol Rupiah jika terpilih.

Untuk menerapkan DP nol Rupiah untuk kepemilikan rumah, menurut pengembang ada hal yang perlu diperhatikan, khususnya terkait kemampuan konsumen dalam membayar cicilan rumah.

"Perlu ada komitmen dan perhitungan kemampuan konsumen yang ingin memanfaatkan DP 0% (nol Rupiah) dalam pembayaran cicilan," kata Managing Director President Office Sinar Mas Land Dhony Rahajoe dihubungi Okezone di Jakarta Senin (3/4/2017).

"Misalnya jaminan dan ketentuan-ketentuan yang jelas dan tegas peraturannya jika terjadi pembatalan karena konsumen tidak dapat melanjutkan cicilan," lanjutnya.

Hal itu untuk mencegah masalah yang tak diinginkan akibat masyarakat yang menggunakan DP nol tak mampu melanjutkan pembayaran cicilan atau mandek di tengah jalan.

"Jangan timbul komplikasi sosial yang membelit pengembang dan perbankan, mengingat hal perumahan ini urusan kebutuhan pokok masyarakat," tukasnya. (tro)

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini