Program Rumah DP 0%, Bisa Dijalankan Tanpa Salahi Aturan BI

Trio Hamdani, Jurnalis · Senin 03 April 2017 20:38 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 03 470 1657686 program-rumah-dp-0-bisa-dijalankan-tanpa-salahi-aturan-bi-jfZpT4U5qX.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - DP rumah nol Rupiah menjadi salah satu program andalan Pasangan Calon (paslon) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Salahudin Uno.

Program ini pun sempat dipertanyakan akibat dinilai akan menyalahi aturan yang sudah ada. Namun Ekonom Indef Ahmad Heri Firdaus, menyebut, DP nol Rupiah dapat diterapkan tanpa menyalahi aturan.

"Sebenarnya bisa diterapkan, skemanya bisa diatur dengan tanpa menyalahi aturan Bank Indonesia," katanya dihubungi Okezone di Jakarta, Rabu (15/3/2017).

Ditambah lagi, penerapan DP rumah nol Rupiah dianggap dapat mendatangkan keuntungan, baik dari sisi pengembang maupun masyarakat, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah yang kesulitan memiliki tempat tinggal layak.

"Tentu ada positifnya, masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) bisa lebih mudah memperoleh rumah. Pengembang (juga) tidak rugi, karena ini bisa diatur antara lembaga pembiayaan dengan Pemerintah Provinsi," jelasnya.

Jika tingkat permintaan hunian mengalami kenaikan imbas dari kemudahan yang ditawarkan melalu DP nol Rupiah untuk kepemilikan rumah, ia menilai akan memberi efek positif.

"Pengembang akan untung kalau demand-nya meningkat," tukasnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini