Image

Kembali 'Sunat' Anggaran, Menko Darmin: Sedang Disisir Satu per Satu

Dedy Afrianto, Jurnalis · Selasa 04 April 2017, 17:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 04 04 20 1658776 kembali-sunat-anggaran-menko-darmin-sedang-disisir-satu-per-satu-FmjBMZKSlz.jpg Menko Perekonomian Darmin Nasution (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada jajaran Menteri Kabinet Kerja untuk melakukan penghematan besar-besaran. Hal ini perlu dilakukan agar anggaran yang ada dapat difokuskan ke proyek pembangunan prioritas.

Menurut Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, jajaran Menteri Kabinet Kerja akan menyisir postur anggaran yang dapat dihemat. Kementerian pun harus menjadikan program prioritas sebagai salah satu perhatian utama.

"Masing-masing sedang, menteri-menteri sedang menyisir satu per satu, itu baru Menteri Keuangan dan Bappenas. Menteri-menterinya akan sisir satu-satu bahkan dia harus tanda tangan masing-masing kegiatan supaya bisa diketahui secara jelas sesuai dengan arahan," tuturnya di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Jokowi sebelumnya juga menyampaikan bahwa belanja barang tidak boleh melebihi tahun sebelumnya. Hal ini dilakukan agar anggaran dapat secara khusus digunakan pada program yang lebih bermanfaat bagi masyarakat. "Sama seperti tahun lalu nominalnya enggak boleh naik," ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan dirinya akan mengumpulkan jajaran staf untuk membahas penghematan anggaran ini. Belum diketahui berapa anggaran yang akan dihemat oleh Kementerian Pertahanan nantinya.

"Dari sini akan saya kumpulkan staf. Menteri harus melihat sampai satuan tingkat tiga," tutupnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini