Image

Luar Biasa! Menteri Inggris Sebut Indonesia Elemen Kunci Ekonomi ASEAN

ant, Jurnalis · Kamis 06 April 2017, 15:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 04 06 320 1660606 luar-biasa-menteri-inggris-sebut-indonesia-elemen-kunci-ekonomi-asean-OgXQfdPAHW.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Secretary of State for International Trade (Menteri Koordinator bidang Perdagangan Internasional) Inggris Dr Liam Fox mengatakan bahwa Indonesia merupakan elemen kunci bagi pertumbuhan ekonomi kawasan ASEAN.

Menurutnya, Indonesia merupakan negara pelaku ekonomi yang sangat berpengaruh karena kawasan geografis serta demografi nya yang luas.

"Indonesia merupakan ekonomi yang berkembang dengan sangat cepat. Apabila prediksi yang ada dapat terbukti, Indonesia akan berada di posisi 10 teratas pada tahun 2030 mendatang," katanya usai acara Ministerial Series di Jakarta, Kamis (6/4/2017).

Oleh karena posisi Indonesia yang sangat berpengaruh di kawasan ASEAN, Liam mengatakan bahwa pemerintah Inggris ingin memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara.

"Kami menginginkan kerjasama yang baik dengan kawasan ASEAN, dan hal itu tidak dapat tercapai tanpa adanya kerjasama antara Inggris dan Indonesia, karena Indonesia merupakan elemen kunci di ASEAN," lanjutnya.

Lebih lanjut, Menteri yang baru berkunjung ke Indonesia untuk pertama kalinya itu mengatakan bahwa Ia berniat untuk melakukan diskusi dengan pihak pemerintah Indonesia untuk membahas potensi kerjasama yang dapat dilakukan antara kedua Negara.

Ia menegaskan bahwa potensi tersebut tidak hanya terkait ekspor produk dari Inggris ke Indonesia, namun juga mengenai bagaimana kedua Negara dapat membangun hubungan bilateral yang saling menguntungkan dan berjangka panjang, terutama dalam bidang investasi dan perdagangan.

"Saya pikir, Indonesia merupakan salah satu Negara yang selama ini belum menerima banyak perhatian dari Inggris dan ini adalah sesuatu yang ingin kami tingkatkan," tegasnya.

Kunjungan ke Indonesia bertujuan untuk mendorong agenda pasar bebas Inggris dan untuk memperkuat hubungan ekonomi antara Inggris dan Indonesia, lanjutnya.

Secretary of State Liam Fox melakukan kunjungan ke Indonesia untuk pertama kalinya sejak Ia resmi menjabat sejak Juli 2016 lalu setelah sebelumnya mengunjungi Malaysia dan Filipina.

Menteri partai konservatif Inggris itu dijadwalkan untuk melakukan pertemuan dengan kepala BKPM Thomas Lembong dan mengunjungi Kementerian Kelautan dan Perikanan hari ini.

Menteri Liam juga akan bertemu dengan sejumlah anggota KADIN, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, serta meninjau proyek Light Rail Transit (LRT) Velodrome yang juga didukung oleh perusahaan asal Inggris. (kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini