Di Mana Rumah DP Nol Rupiah Bisa Diterapkan, Masih Dirahasiakan

Trio Hamdani, Jurnalis · Jum'at 07 April 2017 16:48 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 07 470 1661662 di-mana-rumah-dp-nol-rupiah-bisa-diterapkan-masih-dirahasiakan-BlA5W8awSL.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Program DP rumah nol Rupiah milik Pasangan Calon (paslon) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Salahudin Uno diragukan sejumlah pihak. Lantaran, lokasi di Jakarta disebut sudah tak memungkinkan untuk dibangun tempat tinggal dengan DP yang digratiskan.

Tak sedikit orang yang bertanya-tanya di area mana hunian yang akan didirikan dan akan diberikan kepada masyarakat tanpa DP sepeserpun alias DP nol rupiah. Sandi pun menanggapi hal tersebut.

"Lokasi rahasia. Kenapa harus saya rahasiakan? Karena banyak mafia tanah di Jakarta bener nggak?," kata Sandi di Gedung iNews, Jakarta, Jumat (7/4/2017).

"Kalau dikasih tahu harga tanah disitu pada naik karena bakal dibangun pusat pertumbuhannya, transportasinya terintergrasi, udah pasti orang berebut beli tanah di tempat tersebut, akhirnya tanah pemprov yang ada disana itung-itungannya nggak masuk lagi," lanjutnya.

Ia juga mengatakan, dirahasiakannya area-area tersebut setelah Sandi berdikusi dengan pasangannya, yakni Anies.

"Mas Anies nyuruh saya, kita identifikasi dulu, kita jangan rilis. Setelah kita udah pasti, Insya Allah kita mendapatkan amanat tanggal 19 April, kita bahas, kita bahas, kita libatkan semua stakeholder, REI (Real Estate Indonesia), semua institusi perbankan, stakeholder bank DKI, kita ajak bicara, ini gimana nih bisa nggak jalan," terang Sandi.

Untuk peraturan dari Bank Indonesia (BI), ia menyatakan, pihak BI telah melegalkan konsep DP rumah nol Rupiah yang digagas pasangan tersebut. "Peraturan BInya sudah membolehkan kok, kita udah punya legal opinion dari firma hukum bahwa ini bisa, yaudah kita hadirkan. Kuncinya adalah political will mau nggak kita, Saya sama Anies mau," tambahnya.  (tro)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini