nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Top! Pembangunan Tol Trans Jawa Tuntas 2019

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 10 April 2017 13:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 04 10 320 1663342 top-pembangunan-tol-trans-jawa-tuntas-2019-jImx2TmA0w.jpg Foto: Koran SINDO

UNGARAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan pembangunan jalan tol Trans Jawa tuntas pada 2019 mendatang. Sementara ruas tol mulai Jakarta-Semarang, Solo-Surabaya diharapkan bisa dioperasionalkan pada 2018 nanti.

“Kami berharap ruas tol mulai dari Jakarta-Semarang dan Solo-Surabaya pada 2018 sudah dapat dioperasionalkan. Selanjutnya pembangunan ruas tol ke arah timur dari Surabaya hingga Banyuwangi bisa selesai pada 2019, sehingga dari ujung ke ujung pada 2019 sudah tersambung,” kata Presiden saat meninjau pelaksanaan pembangunan jalan tol Semarang- Solo seksi III Bawen- Salatiga di Jembatan Tuntang, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, akhir pekan lalu.

Jokowi memaparkan, sesuai pantauan, pembangunan ruas jalan tol Bawen-Salatiga pelaksanaannya sangat berat karena harus memapas bukit, dan tanahnya harus dipindahkan. Ini menjadi kendala yang cukup berat. “Material tanah dari pemapasan bukit itu yang harus dipindahkan mencapai sekitar dua juta meter kubik. Sekarang masih tersisa 140.000 meter kubik. Ada dua juta meter kubik tanah yang harus dipindahkan dan sekarang masih tersisa 140.000 meter kubik tanah,” tandasnya. Di samping itu, sebelumnya juga ada masalah pembebasan lahan di Bawen - Salatiga.

“Tetapi alhamdulillah tadi saya tanya ke Pak Menteri PU (Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono), pembebasan lahan sudah terselesaikan,” ucapnya. Sementara itu, Direktur Teknik dan Operasional PT Trans Marga Jateng (TMJ) Ali Zainal Abidin menyatakan secara teknis pengerjaan fisik ruas tol Bawen-Salatiga tidak masalah. Namun, pelaksanaannya terkendala faktor cuaca.

“Hambatannya hanya faktor cuaca ekstrem. Kami telah berupaya melakukan percepatan dengan menambah jam kerja dan pekerja,” ujarnya.

Menurut dia, ada beberapa pekerjaan rumah yang hingga kini belum terselesaikan yaitu pengerjaan ruas Bawen hingga Jembatan Tuntang. Saat ini masih menyisakan sejumlah pekerjaan berat, yakni pekerjaan gali timbun di wilayah Desa Kandangan dan Desa Polosiri, Kecamatan Bawen.

Ali menegaskan, jika seluruh proses pekerjaan yang tersisa ini bisa dirampungkan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan maka jalan tol ruas Bawen-Salatiga ini bisa dioperasionalkan akhir Mei nanti.

(kmj)

(rhs)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini