Image

Berangus Investasi Bodong, OJK Didorong Miliki Penyidik Sendiri

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 11 April 2017, 18:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 04 11 320 1664784 berangus-investasi-bodong-ojk-didorongh-miliki-penyidik-sendiri-vNXjSR7euM.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Otoritas Jas Keuangan (OJK) ternyata sangat serius untuk memberantas investasi bodong yang sedang marak saat ini dengan membentuk Satgas Waspada Investasi.

Untuk periode Januari hingga Maret 2017, Satgas Waspada Investasi sudah menghentikan kegiatan 19 perusahaan atau entitas yang terbukti menawarkan investasi ilegal. Sementara pada bulan ini, Satgas Waspada Investasi sedang memeriksa sejumlah perusahaan atau entitas yang diduga melakukan penawaran investasi ilegal.

Pakar hukum perbankan Yunus Husein berpendapat, harus ada beberapa hal yang dibenahi untuk menguatkan tim Satgas Waspada Investasi Bodong tersebut.

Hal terpenting yang harus dilakukan pertama adalah OJK harus mempunyai undang-undang sendiri untuk menguatkan tugas dari Satgas serta menguatkan Satgas OJK dalam menyidik Karena menurutnya, saat ini Satgas masih menumpang kepada tenaga kepolisian dalam menyidik perusahaan investasi bodong.

"Kalau mau menyidik dia pakai tenaga kepolisian padahal dari dalem harusnya yang lebih menguasai. OJK harusnya ada penyidik juga," ujarnya di Hotel Aryaduta, Jakarta, Selasa (11/4/2017)

"Kita masih gebon semua sama polisi, bahkan dari kejaksaan ditanya ini polisi Bareskrim atau Polisi, OJK. Nah itu jadi masalah juga karena polisi juga macem-macem," imbuh Yunus

Yunus menambahkan, kedua yang harus dibenahi adalah menyangkut masalah independensi yang harus kuat. Selain itu yang tak kalah pentingnya dibuat dasar hukum yang kuat untuk bisa menjangkau hingga instansi-instansi yang lebih tinggi posisinya dibandingkan OJK.

"Kalau sekarang kan mainnya dibawah saja yang di tas tidak tahu menahu . Saya minta aturan-aturannya diperkuat lah minimal Perpres saya rasa tanpa melalui DPR itu bisa lebih cepat,"ujarnya.

(wdi)

  • TAG :
  • JK

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini