Image

Pemindahan Ibu Kota, Arsitek Harus Dilibatkan!

Trio Hamdani, Jurnalis · Kamis 13 April 2017, 05:47 WIB
https img z okeinfo net content 2017 04 12 470 1665591 pemindahan ibu kota arsitek harus dilibatkan 25mE2dUSiL jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Pemerintah semakin gencar menyampaikan wacana terkait pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke daerah Luar Jawa. Pengkajian yang dilakukan pemerintah pun diharapkan dapat berjalan sesuai rencana.

Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Ahmad Djuhara mengatakan, dalam rencana tersebut keterlibatan profesional di bidang arsitek dinilai penting karena dengan begitu memiliki sudut pandang dan perspektif yang dapat memperkaya pengetahuan pemerintah dalam mengkaji pemindahan Ibu Kota.

Namun, Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Ahmad Djuhara mengatakan, sejauh ini pemerintah belum bergerak untuk melibatkan peran arsitek dalam hal rencana pemindahan Ibu Kota.

"Belum, belum (dilibatkan arsitek)," katanya dihubungi Okezone di Jakartam belum lama ini.

Dia pun berharap, pemerintah dapat mengikutsertakan peran arsitek dalam perencanaan dan pengkajian lebih lanjut mengenai upaya pemerintah dalam memindahkan Ibu Kota Negaranya.

"Harapannya mestinya arsitek diajak ngomong, ada arsitek yang diajak memikirkan itu karena itu objek arsitektur. Kota itu objek arsitektur, sejarah kota, bangunan dan ruang di antara bangunan itu objek arsitektur," jelasnya.

Dilanjutkannya, nanti arsitek dapat diduetkan dengan ahli di bidang perancang kota. "Walaupun kembali, nanti arsitek akan kerjasama dengan ahli perancang kota. Perancang ya. Bukan perencana kota, itu beda lagi," lanjutnya.

Ia menambahkan, menurutnya, beberapa negara yang berhasil memindahkan Ibu Kotanya tak lepas dari peran seorang arsitek, semisal Brasil yang berhasil memindahkan Ibu Kotanya dari Rio ke Brasilia.

"Perancang kota dan arsitek yang ada di Brasilia, luar biasa bangunannya, luar biasa kotanya," tukasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini