nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

World Bank Sebut Nilai Tukar Rupiah Paling Stabil

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 13 April 2017 14:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 04 13 20 1666547 world-bank-sebut-nilai-tukar-rupiah-paling-stabil-m2k4ZpWM9M.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA – World Bank alias Bank Dunia memandang nilai tukar rupiah menjadi salah satu mata uang yang cukup stabil dibandingkan dengan mata uang lain. Bank Dunia menyebut, kondisi nilai tukar rupiah cukup baik meski situasi ekonomi global masih sulit.

"Dalam beberapa tahun, nilai tukar rupiah adalah salah satu mata uang yang cukup stabil di antara negara lainnya," kata Senior Ekonom Bank Dunia untuk Indonesia, Hans Anand Back dalam Paparan Prediksi Pertumbuhan Ekonomi di Kawasan Asia Timur dan Pasifik, di Jakarta, Kamis (13/4/2017).

Stabilnya nilai Rupiah dinilai karenakan fundamental ekonomi Indonesia yang cukup kuat. Di sisi lain, investasi asing yang masuk ke Indonesia juga terbilang tinggi. Ditambah lagi dengan upaya yang dilakukan Bank Indonesia (BI) dalam menjaga stabilitas nilai tukar cukup berhasil.

Meski dirinya menyebut nilai Rupiah merupakan yang paling stabil, namun Hans tidak mau memprediksi terkait kurs rupiah di tahun 2017 ini. Alasannya karena saat ini pihaknya (Bank Dunia) tidak dalam posisi yang seharusnya.

"Bank Dunia tidak dalam posisi membuat nilai tukar," tambahnya.

Sebelumnya , Pemerintah memprediksi nilai tukar rupiah akan melemah ke level Rp13.500 per dolar Amerika Serikat AS. Jumlah itu tentu jauh lebih besar dari target sebelumnya yang hanya sebesar Rp 13.300 di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini