Image

INSPIRASI BISNIS: Tulang Kerbau Disulap Jadi Kerajinan Bernilai Ekonomi

Jufri Tonapa, Jurnalis · Sabtu 15 April 2017, 08:31 WIB
https img okeinfo net content 2017 04 13 320 1667024 inspirasi bisnis tulang kerbau disulap jadi kerajinan bernilai ekonomi hcLQlDjEdZ jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

SULAWESI SELATAN - Karya seni mengolah tulang menjadi patung sudah jarang ditemui di Indonesia. Namun, di Desa Banga, Kecamatan Rembon, Tana Toraja Sulawesi Selatan masih ada kakek tua sang pemahat tulang yang terus bertahan membuat patung dari tulang kerbau dan sapi menjadi sebuah karya seni yang indah.

Yonanis Korang yang kerap disapa Ambe Tato Korang atau Kakek Korang adalah seniman patung dari tulang kerbau. Dalam sehari, dia mampu membuat dua patung untuk dijual.

Kakek Korang memanfaatkan bahan yang ada dalam pembuatan karya seni patung tersebut meski terbuat dari bahan-bahan sederhana. Seperti tulang kerbau dan sapi, rotan, kulit kambing dan serabut pohon enau yang dipadukan menjadi sebuah karya yang sangat alami namun eksotis sehingga karya seninya ini sudah terjual hingga luar daerah Sulawesi bahkan ke luar negeri.

Pria kelahiran 15 Juli 1949 ini setiap pagi hingga malam duduk di depan pondok yang terbuat dari papan yang juga adalah tempat penyimpanan tulang yang telah didapatkannya untuk menyulap tulang kerbau menjadi sebuah karya seni yang bernilai cultur.

Sungguh karya seni kakek Korang sangat alami, tidak seluruh badan patung ini terbuat dari tulang kerbau dan rambutnya terbuat dari serabut pohon enau. Sementara baju patung terbuat dari kulit kambing yang telah diasapi terlebih dulu agar kulit kambing awet.

Sementara itu benang dalam membuat jahitan pakaian dan pengikat ia menggunakan rotan dan badan patung sendiri terbuat dari tulang kerbau sebagai bahan utama, seluruh bahan yang digunakan alami.

Patung hasil pahatan dari kakek Korang ini dibuat dalam tempo paling lambat tiga hari dan dijual dengan harga Rp150 ribu hingga Rp200 ribu.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini