Image

INSPIRASI BISNIS: Gurihnya Ikan Salai Beromzet Jutaan Rupiah

Bambang Irawan, Jurnalis · Minggu 16 April 2017, 08:22 WIB
https img okeinfo net content 2017 04 13 320 1667059 inspirasi bisnis gurihnya ikan salai beromzet jutaan rupiah KBE7I6qzE4 jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

PALEMBANG - Gurihnya menu ikan salai masih menjadi pilihan kuliner favorit warga di kota Palembang. Pasalnya ikan salai dapat dikombinasikan dengan berbagai varian gulai seperti pindang.

Melihat peluang ini, Syahabudin kakek 65 tahun ini terjun menjadi pembuat salai setelah pensiun sebagai anggota kepolisian di Palembang enam tahun lalu.

Inilah aktivitas syahabudin sehari-hari di kediamannnya di jalan Lubuk Kawah kelurahan Kebun Bunga Sukarami Palembang, Sumatera Selatan. Ditambak ikan patin ini juga ia mengolahnya menjadi ikan salai. Ikan yang dipanen tersebut kemudian dibersihkan mulai dari insang hingga isi badannya.

Ikan yang telah bersih tersebut kemudian dicuci hingga bersih sebanyak dua kali, agar higienis dan tidak berbau. Kemudian ikan-ikan ini langsung dijejerkan di sebuah tungku pengasapan yang ada di dalam pondok.

Untuk pengasapan ini, selain kayu Syahabudin menambahkan kulit kelapa muda agar asap yang menjadi banyak dan memberi aroma harum kepada ikan salai. Proses pengasapan ini memakan waktu hingga empat jam.

“ikan salai ini bisa dikombinasikan dalam berbagai gulai seperi tempoyak durian, aroma yang khas dari ikan salai pastinya semakin nikmat bercampur bumbu rempah rempah,” ujarnya.

Dalam sehari Syahabudin mampu memproduksi 30 kg ikan salai berbahan ikan patin,lele dan mujair. Untuk packing biasanya dijual per kilogram dengan harga Rp60 ribu. Biasanya penjualan lebih banyak menggunakan media sosial, dimana tak hanya kota Palembang, pemasarannya sampai ke Jambi, Bangka Belitung, lampung dan Jakarta, tak heran omzet jutaan rupiah bisa diraup.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini