Share

Jika Diterapkan, Pajak Apartemen Kosong Bakal Dorong Program Sejuta Rumah

Trio Hamdani, Okezone · Kamis 13 April 2017 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 13 470 1666372 jika-diterapkan-pajak-apartemen-kosong-bakal-dorong-program-sejuta-rumah-9fdKvUSS1M.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Pemerintah memilih untuk menunda kajian lebih lanjut soal penerapan pajak untuk apartemen kosong tak berpenghuni. Artinya, sampai saat ini aaturan pajak tersebut masih sebatas wacana. Padahal. aturan tersebut pun dianggap sejalan dengan upaya pemerintah mencetak sejuta rumah.

"Ini artinya bisa dijadikan solusi untuk mensukseskan program pemerintah melakukan pembangunan sejuta rumah, walaupun dalam hal ini kasus di Jakarta rumah vertikal," kata Ekonom Indef Ahmad Heri Firdaus dihubungi Okezone di Jakarta.

Sebab, menurutnya ketimbang tidak produktif, maka apartemen-apartemen yang saat ini masih kosong lebih baik dikenakan pajak. Hal itu demi mendorong pemilik apartemen lebih giat mencari calon penghuni apartemennya.

Dengan begitu, maka akan semakin banyak orang yang memiliki tempat tinggal, yang mana saat ini pemerintah tengah berupaya mengurang angka backlog perumahan dengan menggenjot program sejuta rumah.

"Kemudian juga kalau yang sifatnya hanya untuk spekulasi, untuk investasi, itu kan kalau misalnya pembangunan rumah, kalau sekarang kan Jakarta bukan rumah tapak lagi, tapi rumah yang bentuknya ke atas atau rumah susun," lanjutnya.

Jadi, ia menilai ada 2 keuntungan yang dapat diambil pemerintah jika aturan tersebut nantinya diimplementasikan. "Ada 2 hal keuntungan yang bisa diperoleh oleh pemerintah, mensukseskan program pembangunan sejuta rumah dan membuat pemasukan tambahan buat pemerintah," tambahnya. (tro)

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini