Share

Pajak Apartemen Kosong Bisa Bikin Investor Bijak Kelola Aset

Trio Hamdani, Okezone · Kamis 13 April 2017 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 13 470 1666403 pajak-apartemen-kosong-bisa-bikin-investor-bijak-kelola-aset-uN6IMT2V8I.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Sektor properti merupakan salah satu lahan yang cukup potensial bagi investor untuk menanamkan aset di dalamnya. Imbasnya, banyak unit properti yang hanya dikuasai oleh segelintir pihak.

Penguasaan aset properti yang dilakukan hanya oleh sejumlah pihak tertentu ini membuat harga properti menjadi melambung tinggi. Misalnya harga apartemen yang harganya semakin tak terjangkau.

Ekonom Indef Ahmad Heri Firdaus pun menyebut ada pihak-pihak tertentu yang secara langsung maupun tidak langsung memainkan harga apartemen dengan membeli unit apartemen sekaligus banyak.

"Kalau sekarang ini kan banyak apartemen-apartemen yang tidak terlalu mewah dan diperuntukan kalangan menengah ke bawah dibeli, sekali dibeli 10 unit-20 unit, diborong," katanya dihubungi Okezone di Jakarta.

Pemerintah pun memilih menunda penerapan pajak terhadap apartemen kosong yang tidak berpenghuni. Sebelumnya, diperkirakan dengan adanya pajak yang dikenakan terhadap apartemen kosong akan membuat spekulan maupun investor dapat memperlakukan asetnya dengan lebih baik.

"Nah ini diharapkan nggak ada lagi hal-hal seperti itu, atau berkurang. Jadi semua orang nanti bisa memperlakukan aset-asetnya lebih bijak, lebih produktif," tambahnya. (tro)

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini