Image

Berperan Penting, Daerah Penyangga Ibu Kota Baru Bakal Ikut Dikaji

Trio Hamdani, Jurnalis · Kamis 13 April 2017, 17:25 WIB
https img z okeinfo net content 2017 04 13 470 1666546 berperan penting daerah penyangga ibu kota baru bakal ikut dikaji KfkGuB3yi5 jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Pemerintah tengah mengkaji rencana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta yang berdasarkan wacana akan dipindahkan ke luar Jawa.

Pemerintah pun fokus mengkaji kriteria dan sejumlah faktor daerah-daerah yang dirasa berpotensi menjadi ibu kota baru Republik Indonesia (RI) sebagai pengganti ibu kota yang sebelumnya disandang oleh DKI Jakarta.

Fokus pemerintah pun tak hanya kepada daerah yang nantinya akan dijadikan sebagai ibu kota baru negara. Menurut Direktur Perkotaan Perumahan dan Permukiman Bappenas, Tri Dewi Virgiyanti, daerah penyangganya pun akan masuk ke dalam fokus kajian pemerintah.

"Pastinya akan ada kajian ke arah sana. Daerah penyangga penting karena akan mendukung kebutuhan pembangunan dan perkembangan ibu kota," katanya dihubungi Okezone di Jakarta, Kamis (13/4/2017).

Layaknya Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek), daerah penyangga ibu kota baru nanti pun dijelaskannya akan terdampak oleh pembangunan yang dilakukan di ibu kota baru.

"Juga akan terpengaruh dengan pembangunan yang ada di ibu kota (baru)," lanjutnya.

Namun, untuk saat ini, pemerintah belum melakukan kajian ke arah sana, sebab rencana pemindahan ibu kota baru akan dikaji secara lebih mendalam.

"Belum sampai situ kajiannya. Baru persiapan kajiannya kok," tambahnya. (tro)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini