Image

Ibu Kota Dipindahkan, Jakarta Tetap Jadi Barometer Ekonomi

Trio Hamdani, Jurnalis · Jum'at 14 April 2017, 05:51 WIB
https img o okeinfo net content 2017 04 13 470 1666768 ibu kota dipindahkan jakarta tetap jadi barometer ekonomi MDwDXWPt3z jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Kota Palangkaraya diisukan menjadi pengganti Jakarta sebagai ibu kota negara. Jika rencana tersebut terealisasi, maka akan mendorong pertumbuhan sektor di daerah tersebut, namun apakah harga tanah juga ikut terkerek naik?

Direktur Eksekutif lPW Ali Tranghanda mengatakan, rencana tersebut seharusnya tidak terlalu mengubah signifikan harga tanah disana. Hal tersebut lantaran Jakarta tetap menjadi pusat bisnis.

"Peningkatan justru terjadi di daerah ibu kota baru. Jakarta tetap akan jadi kota bisnis," jelasnya kepada Okezone belum lama ini.

Menurut Ali, dengan berpindahnya ibu kota ke luar Jawa, maka perkembangan kota pengganti Jakarta akan relatif bertambah cepat. Meski demikian, Jakarta akan tetap menjadi barometer ekonomi nasional.

Meski tak lagi menjadi ibu kota, dampak yang dirasakan Jakarta tak terlalu berarti buat industri properti di wilayah tersebut. Justru menurutnya akan lebih bagus ketika Ibu Kota pindah dari Jakarta.

"Tapi kalau Jakarta, dampaknya ada tapi tidak terlalu signifikan. Karena Jakarta itu, selama itu masih sebagai kota bisnis, itu enggak ada masalah. Sama kaya New York dan Washington. Masing-masing beda karakternya," tambahnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini