Image

INSPIRASI BISNIS: Paskah, Perajin Patung Rohani Kebanjiran Pesanan

Heru Trijoko, Jurnalis · Sabtu 15 April 2017, 12:10 WIB
https img z okeinfo net content 2017 04 14 320 1667903 inspirasi bisnis paskah perajin patung rohani kebanjiran pesanan VYl25EVECz jpg (Ilustrasi: Solopos)

YOGYAKARTA - Hari Paskah membawa berkah tersendiri bagi perajin patung Bunda Maria dan Yesus di kawasan Pajeksan, Yogyakarta. Hal ini pula yang dirasakan perajin patung rohani, Tan Brata.

Menurut Tan Brata, sejak awal bulan April lalu hingga sehari jelang Paskah, dirinya mengaku kewalahan menerima pesanan. Jika biasanya dalam sebulan ia menerima order 10 patung, kini meningkat menjadi 20 patung, bahkan bisa sampai 40 patung.

"Khusus untuk bulan ini, mulai sejak awal bulan april lalu hingga sehari jelang paskah,saya kewalahan menerima pesanan, khususnya patung Bunda Maria," ujarnya di rumah patung Brata di Jalan Pajeksan Nomo 52 Yogyakarta, baru-baru ini.

Meskipun tidak mematok harga, rata-rata patung buatannya terjual dari harga Rp600 ribu hingga puluhan juta Rupiah, tergantung dari ukuran yang dipesan. Pemesannya tidak hanya dari Yogyakarta, namun hampir dari seluruh Indonesia.

Tan Brata Halim sendiri telah lebih 40 tahun bergulat dengan patung-patung rohani. Baginya, membuat patung rohani adalah seni rasa.

"Agar karya patung memunculkan keindahan, perlu mengasah formulasi yang pas hingga hasil polesannya mampu mengahasilkan aura patung," kata Tan Brata

Sebelum membuat patung rohani, Tan Brata sudah lebih dahulu membuat kerajinan manekin atau boneka dan pajangan etalase. Namun seiring perjalanan waktu, dirinya lebih memiliki rasa saat membuat patung-patung rohani.

Hal itu pula yang menjadikanya salah satu spesialis patung rohani atau religi di Yogyakarta. Sejumlah karya Tan Brata dianataranya Yesus, Bunda Maria, Dua belas murid Yesus, dan keluarga hati kudus jawa memang telah melegenda. Dalam sebulan, rata-rata patung diproduksi sekitar lima hingga sepuluh patung.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini