Image

Peringatan Sri Mulyani ke Mahasiswa STAN: Kalian Utang dengan Negara!

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 17 April 2017, 13:57 WIB
https img o okeinfo net content 2017 04 17 20 1669340 peringatan sri mulyani ke mahasiswa stan kalian utang dengan negara CVboQE3vMI jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

TANGERANG - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, STAN merupakan sekolah negara yang mahasiswanya diberikan hak khusus dibanding dengan mahasiswa-mahasiswa lain.

Oleh karena itu, sudah seharusnya mahasiswa STAN bisa berfikir lebih jernih dan logis terhadap segala sesuatu.

"Anda sekolah di tempat dengan tittle dan milik negara dan juga dibiayai oleh negara. Lulus langsung ada yang menampung. Kalau mahasiswa lain tidak ada privilege, keistimewaan seperti ini. Beda dengan Anda, jadi mulai Anda masuk ke sekolah ini sudah punya utang kepada negara," kata Sri Mulyani dalam kuliah umum di Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, Tangerang

Sri Mulyani pun mengatakan, mahasiswa STAN haruslah memiliki gambaran sebagai generasi muda yang haus akan ilmu pengetahuan dan harus memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dalam menuntut ilmu, untuk masyarakat banyak ke depannya.

"Isi waktu anda dengan bijaksana, untuk membentuk Anda jadi manusia yang peduli terhadap bangsa. Kepedulian untuk umat manusia, bukan hanya diri sendiri, kalau diri sendiri itu rugi. Karena manusia adalah mahluk sosial dan harus berinteraksi," kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani menambahkan, mahasiswa STAN juga jangan selalu hidup untuk melayani diri sendiri. "Anda adalah miliki negara, hukumnya haram kalau Anda hanya memikirkan kelompok Anda. Anda punya utang budi terhadap negara. Karena Anda adalah calon-calon orang yang menopang pilar," imbuhnya

Lebih lanjut Sri Mulyani berpesan, sebagai pelajar yang berkompeten, mahasiswa STAN jangan mudah untuk terpengaruh pada hal-hal yang negatif. Mahasiswa, khususnya STAN, perlu memiliki integeritas yang tinggi, dan tak mudah untuk terbawa arus.

"Mikir, mikir, mikir, jangan mudah dihasut apalagi diprovokasi. Saya sangat anti mahasiswa STAN yang seperti itu. Kalau sampai mahasiswa STAN enggak punya karakter, maka republik ini enggak punya karakter. Lebih buruk lagi, jangan jual nama anda, jual nama STAN, karena itu tidak diperjual belikan," jelas Sri Mulyani.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini