nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tumbuh 8,15%, RI Produsen Alas Kaki Terbesar Kelima Dunia

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Senin 17 April 2017 19:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 04 17 320 1669787 tumbuh-8-15-ri-produsen-alas-kaki-terbesar-kelima-dunia-GbKn2f0loS.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

SURABAYA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat laju pertumbuhan industri alas kaki sampai dengan tahun 2016 mencapai 8,15%. Jumlah tersebut lebih tinggi dari pertumbuhan industri non migas yang mencapai 4,42%.

Dirjen Industri Kimia, Tekstil dan Aneka, Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan Indonesia di kenal sebagai produsen sepatu dan alas kaki kelas Dunia. Saat ini, Indonesia menempati urutan ke 5 di dunia sebagai produsen alas kaki setelah Tiongkok, India, Vietnam, dan Brasil.

"Pangsa pasar sepatu dan alas kaki Indonesia ke dunia sebesar 3,3%, merupakan peluang untuk terus meningkatkan ekspor. Sementara untuk nilai ekspor alas kaki pada tahun 2016 mencapai USD4,64 miliar, dengan menyerap 700.000 tenaga kerja," ungkapnya di Hotel Four Points, Surabaya, Senin (17/4/2017).

Menurutnya, semakin terbukanya sistem perdagangan di pasar dunia saat ini membuat, Indonesia harus meningkatkan saya saing. Sehingga Kemenperin tengah berupaya menyelesaikan masalah-masalah yang ada di sektor industri alas kaki, diantaranya impor kulit finish tidak dilakukan proses fumigasi oleh badan karantina, serta peningkatan kompetensi SDM melalui pendidikan vokasi.

"Kami akan bekerjasama dengan institusi terkait untuk menyelesaikan permasalahan ini, di antaranya, Kementerian Pertanian, Ditjen Bea dan Cukai dan yang lainnya. Sehingga nantinya kita tidak akan kalah saing dari negara lain," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini