Image

Tax Amnesty hingga Reformasi Pajak, Solusi DJP Tingkatkan Kepatuhan WP

Trio Hamdani, Jurnalis · Selasa 18 April 2017, 08:07 WIB
https img okeinfo net content 2017 04 18 20 1670065 tax amnesty hingga reformasi pajak solusi djp tingkatkan kepatuhan wp JncMHcOW4H jpg Ilustrasi: Okezone

BELITUNG - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus berupaya meningkatkan rasio perpajakan atau perbandingan penerimaan pajak dengan produk domestik bruto (PDB). Salah satu yang menjadi kunci, yakni kepercayaan wajib pajak (WP).

Seperti dikatakan, Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kepatuhan Pajak Suryo Utomo, penerimaan negara yang bersumber dari pajak akan meningkat seiring tumbuhnya kepercayaan WP.

"Yang lebih utama bagaimana membangkitkan diri WP, karena dengan kepercayaan maka kepatuhan (membayar pajak) meningkat," katanya saat Media Gathering di Belitung, Selasa (18/3/2017).

Tingkat kepatuhan WP untuk membayar pajak pun dapat dikatakan masih cenderung rendah. Namun, ia yakin, dengan digelarnya program pengampunan pajak atau akrab disebut tax amnesty yang sudah berakhir, maka tingkat kepatuhan WP akan meningkat.

"Kalau kondisi itu, kepatuhan kita masih rendah, dengan TA diharapkan meningkat, formal maupun material. Formal itu SPT, kalau faktor penerimaan itu ada institusi ada WP. Bagaimana menangani kepatuhan, kita bicara sistem perpajakan kita, self assessment," lanjutnya.

Menurutnya, yang juga tak kalah penting untuk menumbuhkan kepercayaan WP agar semakin patuh pajak adalah kesuksesan reformasi DJP. Reformasi pajak pun menjadi faktor penentu penerimaan negara yang bersumber dari pajak. Akan tetapi, peran WP juga tak dapat dikesampingkan.

"Kalau reform jadi membuat institusi pajak kredibel dan meningkatkan kepatuhan. Institusi bagus, WP percaya bisa berjalan maksimal. Jadi bagaimana koordinasi institusi dengan WP. Bagaimana membuat kredibel, namanya pajak penerimaan tidak bergantung pada institusi tetapi juga bergantung pada WP," terangnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini