Image

Tingkatkan Penerimaan Pajak, Pemerintah Gencar Perbaiki Basis Data

Trio Hamdani, Jurnalis · Selasa 18 April 2017, 08:33 WIB
https img k okeinfo net content 2017 04 18 20 1670074 tingkatkan penerimaan pajak pemerintah gencar perbaiki basis data Ez88w9LsXq jpg Ilustrasi: Okezone

BELITUNG – Guna meningkatkan penerimaan pajak dan memperbaiki rasio pajak yang masih rendah. Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan fokus khusus terhadap basis data perpajakan..

Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kepatuhan Pajak Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemeneku) Suryo Utomo mengungkapkan hal serupa. Menurutnya, basis data perpajakan pengaruhnya sangat besar untuk mereformasi perpajakan ke arah lebih baik.

"Seperti yang sudah diceritakan bahwa kita melakukan penegakan hukum sesuai proses bisnis, tidak menakuti sesuai undang-undang, kita melakukan penegakan hukum harus sesuai data yang valid dan komplit, jadi sisi menguji self assessment itu adanya data yang konkret," katanya saat Media Gathering di Belitung, Selasa (18/3/2017).

Dengan adanya basis data yang baik, tentunya akan berimbas terhadap kesetaraan penegakan hukum yang dialami oleh WP. Sebab, dengan adanya basis data yang baik, maka penegakan hukum bagi WP akan lebih merata dan menyeluruh.

"Bahwa undang-undang tax amnesty ada yang ikut, ada yang tidak, dan ada yang belum sepenuhnya, setelah periode ini kita akan lakukan penegakan hukum, yang jelas memperkuat data informasi sebagai pelaksanaan, jadi bagaimana kita memperlakukan WP setara dalam penegakan hukum," lanjutnya.

DJP Kemenkeu pun tengah memperkuat sinergi dengan berbagai pihak dalam hal memperkaya informasi dan data WP untuk mereformasi sistem perpajakan. Yakni dengan melakukan pertukaran informasi dan data.

"Yang kita lakukan, membuat basis data kita kaya, kuat dan valid, melakukan sinergi dengan yang lain, jadi bagaimana menyediakan data dengan berbagai pihak," terangnya.

"Kemudian penyusunan data yang lebih fair, pelaksanaan reformasi ini anggotanya dari luar, kami minta masukan dari berbagai pihak agar menciptakan pendapat yang dari mereka, contoh awareness memajaki pada elektronik," tambahnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini