Image

Kantor Pajak Tanjung Pandan Digadang-gadang Jadi Percontohan Terbaik

Trio Hamdani, Jurnalis · Selasa 18 April 2017, 13:42 WIB
https img o okeinfo net content 2017 04 18 20 1670368 kantor pajak tanjung pandan digadang gadang jadi percontohan terbaik b1hZFpzXuc jpg Foto: Trio Hamdani

BELITUNG - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) tahun ini mengadakan perlombaan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Percontohan terbaik. Ada 10 KPP yang ikut serta dalam perlombaan tersebut. KPP Tanjung Pandan salah satunya.

Plt Kepala KPP Pratama Tanjung Pandan Fadjar Julianto mengatakan, ada 2 faktor penting menjadikan KPP yang dipimpinnya dapat menjadi percontohan bagi KPP lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Dalam organisasi modern, khususnya di kita ada dua, pertama kinerja, kedua pelayanan," katanya di KPP Tanjung Pandan, Belitung, Senin (18/4/2017).

Terkait pelayanan di KPP Tanjung Pandan, menurutnya feedback atau respons dari wajib pajak (WP) sangat diperlukan. Sebab feedback dari mereka merupakan bahan evaluasi untuk memberikan pelayanan pajak yang lebih baik lagi.

"Untuk pelayanan bagaimana menilainya. Kan kita nggak bisa merasa perfek (sempurna). Bagus layanai pajak kalau enggak ada feedback kita sulit evaluasi. Kementerian berkala lakukan survei untuk uji pelayanan, ada komplain nggak. Di kita juga sediakan kotak untuk nilai pelayanan kita udah memuaskan belum," jelasnya.

Pihaknya pun kita tengah konsen membangun sistem yang lebih mantap dalam memperoleh feedback dari para wajib pajak di daerahnya. "Ada juga sistem pengaduan perpajakan untuk menampung feedback WP," lanjutnya.

Ia pun menerangkan, saat ini perlombaan untuk menjadi KPP percontohan terbaik di Indonesia, tahapannya sudah mencapai tahap penilaian. Itu akan berlangsung sampai Juni 2017.

"Apa yang kita jual sebagai contoh kantor pelayanan lain. Standar layanan pajak, bagaimana prosedur. SOP (Standard Operating Procedure) udah bagus semua, bagaimana tangani proses kalau ada komplain, bagaimana menanggapinya," tambah dia.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini