Image

Tingkat Kesadaran Tinggi, Kepatuhan Lapor SPT Belitung Capai 80% di 2016

Trio Hamdani, Jurnalis · Selasa 18 April 2017, 13:44 WIB
https img k okeinfo net content 2017 04 18 20 1670371 tingkat kesadaran tinggi kepatuhan lapor spt belitung capai 80 di 2016 IQyJS4dkMF jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Pemerintah terus mendorong Wajib Pajak (WP) agar tingkat kepatuhan mereka membayar pajak terus meningkat. Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Tanjung Pandan pun turut mendukung upaya tersebut.

Sebagai salah satu KPP yang berpotensi menjadi KPP percontohan terbaik, Kantor Pelayanan Pajak Tanjung Pandan berupaya memacu inovasi guna meningkatkan kepatuhan pajak para WP di wilayahnya.

"Banyak kantor pajak lakukan inovasi untuk memperlancar kinerja. Mendorong WP agar nyaman, dilayani dengan baik, korelasinya (tingkat) kepatuhan (WP," kata Plt Kepala KPP Pratama Tanjung Pandan Fadjar Julianto di KPP Tanjung Pandan, Belitung, Senin (18/4/2017).

Ia pun menyebutkan, pada 2016 lalu, tingkat kepatuhan pajak dilihat dari realisasi laporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) oleh WP mengalami pertumbuhan, yang menurut persentasi realisasinya berada di angka 82%. "Kepatuhan sampaikan SPT cukup bagus, wilayah Sumatera Selatan, Bangka Belitung kita sekitar 80%," terangnya.

Dari sisi jumlah WP yang melaporkan SPT di daerahnya, berdasarkan data resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) pada 2015 mencapai 336.452. Pada tahun 2016 mengalami peningkatan dari sisi jumlah, yakni 2016 ada sebanyak 337.816 yang lapor SPT.

Menurutnya, perolehan tersebut didapatkan berkat tingkat kesadaran masyarakat yang semakin membaik. Hal itu juga membuat kerja pelayan pajak di KPP di sana menjadi lebih ringan, karena masyarakat WPnya sudah semakin melek pajak.

"Masyarakat di sini sudah terbangun budaya lapor pajak. Kami dalam rangka dorong WP lapor SPT, effort udah mininal dibanding beberapa tahun lalu. Tahun lalu bangun budaya peduli lapor SPT, sekarang WP udah mandiri," tambahnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini