Image

Libur Pilkada Bisa Cegah Aksi Jual Berlebih di Pasar Saham

Ulfa Arieza, Jurnalis · Rabu 19 April 2017, 05:28 WIB
https img z okeinfo net content 2017 04 18 278 1670785 libur pilkada bisa cegah aksi jual berlebih di pasar saham vKNOMXEW21 jpg Ilustrasi pasar modal. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kepercayaan investor bahwa Pilkada putaran kedua akan berlangsung dengan kondusif cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebesar 29 poin atau 0,52% ke 5.606 pada penutupan kemarin.

Analis ReLiance Securities Lanjar Nafi mengatakan, saat ini kondisi pasar modal memang dipengaruhi oleh sentimen luar negeri, seiring memanasnya kondisi geopolitik. Oleh karena itu, jeda liburan akibat Pilkada ini seharusnya akan berdampak positif pada bursa saham Indonesia.

"Harusnya untuk bursa kita bagus melihat kondisi global yang seperti itu," katanya kepada Okezone di Jakarta.

Libur Pilkada ini, lanjut Lanjar, juga dapat dimanfaatkan untuk mengadakan pembatasan terhadap tingginya aksi jual saham yang dilakukan pelaku pasar. "Hitung-hitung pembatasan transaksi jual investor domestik akhir-akhir ini," terang dia.

Sekadar informasi, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memutuskan untuk tidak membuka perdagangan 19 April. Hal ini lantaran pada 19 April tersebut akan terjadi Pilkada Jakarta Putaran ke-2, yang diputuskan sebagai hari libur DKI Jakarta.

merujuk Keppres Nomor 1- Tahun 2017 tentang hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Tahun 2017 Putaran Kedua sebagai Hari Libur di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, maka BEI memutuskan untuk meliburkan pasar saham.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini