Image

Agustus, KKP Targetkan Bagi-Bagi 1.068 Kapal ke Nelayan

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 18 April 2017, 20:47 WIB
https img okeinfo net content 2017 04 18 320 1670863 agustus kkp targetkan bagi bagi 1 068 kapal ke nelayan jJZDEBaSee jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) tahun ini berjanji akan memberikan kapal bantuan kepada nelayan sejumlah 1.068 unit.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Sjarief Widjaja, mengatakan pembuatan kapal ini ditargetkan bisa rampung dalam waktu cepat. Mengingat pembangunan kapal ini bukan jenis kapal besar.

"Kita masih punya waktu, karena kapal ini bukan kapal-kapal besar jadi mereka masih bisa diselesaikan dalam waktu dua sampai tiga bulan. Jadi saya berharap, kalau 1 Mei kita kontrak. Agustus sudah bisa dibagikan," ujarnya di kantor Kementrian Kelautan dan Perikanan, Jakarta , Selasa (18/4/2017)

Sjarief melanjutkan pemberian bantuan kapal yang dilakukan oleh (KKP) sebagai salah satu upaya pemerintah dalam membela para nelayan kecil. Pasalnya, kapal bantuan ini akan diberikan secara gratis kepada para nelayan yang belum memiliki kapal.

"Sehingga mereka punya kapasitas yang sama untuk ke laut. Dengan alat tangkap yang baik sehingga memperoleh hasil yang baik," ujar Sjarief.

Meski begitu, dalam pelaksanaannya Sjarief mengaku akan melakukan kerja sama dengan berbagai stakeholder. Hal ini bertujuan agar pemberian kapal bantuan tidak salah sasaran.

Ia telah mempersiapkan mulai dari perencanaan, pembangunan dan pengawasan pembangunan hingga mendatangi galangan kapal untuk menentukan langsung kapal bantuan yang dibangun.

"Dalam waktu dekat ini, kita akan gelar rapat pleno yang melibatkan seluruh stakeholder dan penyedia bahan pembuatan kapal galangan. penyedia mesin, pemerintah daerah serta perbankan agar terjadi sinergitas sehingga setelah pertengahan tahun semua bantuan telah selesai. Bantuan tersebut dapat segera terdistribusi ke nelayan," ungkapnya.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini