Image

Konsep Pabrik Ramah Lingkungan Ini Patut Ditiru Indonesia

Trio Hamdani, Jurnalis · Rabu 19 April 2017, 00:19 WIB
https img o okeinfo net content 2017 04 18 470 1670574 konsep pabrik ramah lingkungan ini patut ditiru indonesia CXTwV4uVZ6 jpg Foto: Inhabitat

JAKARTA – Kebanyakan pabrik memberikan dampak negatif terhadap lingkungan sekitarnya. Polusi yang dihasilkan menyebabkan udara bersih menjadi terpapar zat berbahaya, belum lagi soal limbah hasil produksi yang kerap membuat air menjadi tercemar zat kimia yang tak aman buat manusia.

Hal tersebut, nampaknya menjadi perhatian khusus bagi Arsitek Tianshu Liu dan Xie Lingshen. Keduanya membuat rancangan sebuah pabrik ramah lingkungan. Tak hanya itu, konsep pabrik tersebut juga memiliki fungsi ekosistem yang mandiri.

Dilansir Inhabitat, Rabu (19/4/2017), desain rancangan pabrik itu terdiri dari susunan berlapis mengarah ke atas atau secara vertikal. Masing-masing lapisannya mendukung ekosistem mandiri. Sehingga mampu menciptakan lingkungan kota berkelanjutan.

Pada sebuah kompetisi bertajuk "2017 Evolo Skyscraper Competition" hasil pemikiran visioner sang perancang konsep pabrik ramah lingkungan itu menempati urutan ke2 teratas.

Kompleks multi-layer pada desain pabrik tersebut akan aktif berkontribusi pada lingkungan di kota-kota besar, di mana pabrik tersebut berdiri. Pasalnya, pabrik tersebut dirancang tanpa menghasilkan emisi CO2 saat beroperasi.

Selain itu, konsep pabrik itu juga mengedepankan pemanfaatan teknologi seefisien mungkin. Sehingga akan lebih sedikit energi yang digunakan untuk mengoperasikan pabrik tersebut.

Konsep pabrik vertikal itu pun diyakini mampu menjamin keramahan lingkungan yang lebih baik dengan kemampuan mengubah sampah organik menjadi air, pupuk energi panas dan penghasil listrik.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini