Image

IMF Sebut Filipina Akan Pimpin Ekonomi Asia Tenggara

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Rabu 19 April 2017, 12:43 WIB
https img okeinfo net content 2017 04 19 20 1671306 imf sebut filipina akan pimpin ekonomi asia tenggara Ko5XVRKfXj jpg Ilustrasi: Shutterstock

MANILA - International Monetary Fund (IMF) mengatakan, Filipina akan memimpin pertumbuhan ekonomi Asia Tenggara dalam hal pertumbuhan dalam dua tahun ke depan, karena belanja publik yang lebih tinggi dan konsumsi yang kuat.

Seperti dikutip dari ABS CBN News, Rabu (19/4/2017), IMF melaporkan bahwa produk domestik bruto (PDB) Filipina kemungkinan akan tumbuh 6,8% pada tahun ini dan 6,9% pada 2018, melampaui Vietnam dan diikuti Indonesia, Thailand dan Malaysia.

Termasuk negara berkembang lainnya di Asia, Filipina akan tumbuh lebih cepat dari China, tapi masih kalah dari pemimpin di kawasan itu, yakni India. "Dalam ekonomi ini, kenaikan jangka pendek dalam pertumbuhan ditopang sampai batas yang signifikan oleh permintaan domestik yang lebih kuat dan di Filipina dengan belanja publik yang lebih tinggi pada khususnya," kata pemberi pinjaman.

Kemarin, Presiden Filipina Rodrigo Duterte ini meluncurkan "Dutertenomics", rencana ambisius untuk menumbuhkan perekonomian dengan membangun infrastruktur dengan dana sebesar 8 triliun peso.

Ini termasuk kereta api pertama Mindanao dan kereta bawah tanah untuk Metro Manila, di mana kemacetan lalu lintas yang kronis mengakibatkan kerugian ekonomi sehari-hari 2,4 miliar peso, menurut sebuah penelitian di Jepang.

Sekretaris Perencanaan Ekonomi Ernesto Pernia mengatakan, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi dari 6,5% menjadi 7,5% tahun ini dan 7%-8% tahun depan.

"Salah satu rencana pembangunan Filipina mempercepat pembangunan infrastruktur strategis. Ini adalah landasan rencana pembangunan Filipina menuju ekonomi yang terus tumbuh dan dalam mode inklusif," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini