Image

Menko Darmin: Utang Indonesia demi Gerakan Perekonomian

Trio Hamdani, Jurnalis · Rabu 19 April 2017, 13:45 WIB
https img k okeinfo net content 2017 04 19 20 1671389 menko darmin utang indonesia demi gerakan perekonomian 6rMU3ALvQk jpg Foto: Trio/Okezone

JAKARTA - Utang Luar Negeri (ULN) pada Februari 2017 tercatat sebesar USD321,7 miliar atau tumbuh 2,7% (yoy), melambat dibandingkan pertumbuhan Januari 2017 sebesar 3,6% (yoy). Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebut penyebab utang Indonesia alami pertumbuhan.

Menurutnya, salah satu faktor yang membuat ULN naik, guna kepentingan pembangunan infrastruktur. Sebab, infrastruktur menjadi salah satu roda penggerak perekonomian. Infrastruktur yang baik akan mendorong pertumbuhan ekonomi negara.

Sementara, dana APBN untuk mendorong pembangunan infrastruktur disadarinya tak cukup. Oleh karenanya, pemerintah mau tidak mau berutang ke negara lain. Tujuannya untuk mendanai pembangunan infrastruktur.

"Begini, kita itu kan membangun infrastruktur banyak sekali. Itu pun sudah diusahakan sudah mayoritas jangan APBN. Mayoritas swasta, dan BUMN. Itu pun APBN nggak cukup juga pengeluaran negara untuk infrastruktur," katanya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nomor 9 Kelurahan Pancoran, Jakarta, Rabu (19/4/2017).

Lebih memprihatinkan lagi, diungkap Darmin, pembangunan infrastruktur sempat mengalami hambatan sekian puluh tahun. Imbasnya perekonomian negara pun pertumbuhannya ikut melambat.

"Kenapa, karena sudah bertahun-tahun, belasan tahun, 20 tahun pembangunan infrastruktur praktis nggak jalan. Jalan tapi sangat lambat, nggak memadai. Akibatnya ekonomi rakyat nggak bergerak, itu sebabnya infrastruktur," jelas Darmin.

Meskipun negara terpaksa berhutang demi membangun infrastruktur, namun menurutnya manfaat yang diberikan dengan adanya infrastruktur memadai akan memberikan dampak positif terhadap negara.

"Apa boleh buat itu perlu biaya, tapi sekali di investasi, (infrastruktur) terpakainya 20 tahun-30 tahun," tukasnya.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini