Image

Pilkada, dari Bursa Efek hingga Pasar Tanah Abang pun Libur

Ulfa Arieza, Jurnalis · Rabu 19 April 2017, 16:32 WIB
https img z okeinfo net content 2017 04 19 320 1671632 pilkada dari bursa efek hingga pasar tanah abang pun libur YAUNXcOFzU jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memutuskan untuk meliburkan aktivitas perdagangan pada Pilkada  DKI Jakarta yang akan dilangsungkan besok, Rabu 19 April 2017.

Tidak hanya bursa saham, pusat belanja Tanah Abang di Jakarta Pusat pun tutup. Keputusan tersebut merujuk kepada putusan Presiden Joko Widodo yang mengatakan bahwa 19 April 2017 dirujuk sebagai hari libur karena adanya Pilkada .

Sebelumnya Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Samsul Hidayat mengatakan, karena Bursa Efek Indonesia (BEI) dan hampir semua anggota bursa, punya izin domisili di DKI Jakarta. Sehingga, demi memberikan kesempatan bagi para warga Jakarta untuk menyalurkan hak suara mereka, BEI mendukung putusan Presiden.

Dari pandangan pengamat, Analis Asjaya Indosurya Securities Indonesia William Surya Wijaya menyetujui putusan BEI tersebut. Kendati hanya dilaksanakan di Kota Jakarta, bukan seluruh Indonesia, tetapi seluruh aktivitas perdagangan terkonsentrasi di Jakarta. Sehingga libur tersebut merupakan putusan yang tepat.

"Libur atau tidak akan sehari saja. Sewajarnya memang jika hanya satu daerah memang tidak diperlukan libur. Hanya saja karena ini adalah ibu kota negara, apalagi semua perdagangan dan pusat pemerintahan terletak di Jakarta maka untuk dapat memberikan konsentrasi dan keleluasaan bagi pemilih maka memang ada baiknya diliburkan," ujarnya saat dihubungi Okezone, Selasa, (18/4/2017).

Menurut William putusan ini tidak akan memberikan pengaruh apapun kepada pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Pasalnya, pasar modal sudah beberapa kali menonaktifkan perdagangan pada hari besar. Bahkan pada Pilkada  serentak di seluruh Indonesia sebelumnya, pasar modal juga diberhentikan sementara aktivitasnya.

"Kan hanya sehari saja. Minggu lalu juga ada libur kan sehari," tambah dia.

Sebagaimana diketahui, merujuk Keppres Nomor 1- Tahun 2017 tentang hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Tahun 2017 Putaran Kedua sebagai Hari Libur di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, maka BEI memutuskan untuk meliburkan pasar saham besok.

Pilkada  DKI Jakarta putaran II tengah berlangsung. Pusat Grosir Tanah Abang pun tampak tak ada aktivitas jual beli. Menurut salah seorang sekuriti I Wayan, Pasar Tanah Abang tutup karena sedang masa Pilkada .

Namun pantauan Okezone, masih banyak pengunjung yang berdatangan ke Pasar Tanah Abang. Menurutnya, sebagian dari mereka tidak mengetahui informasi bahwa Pasar Tanah Abang tutup saat Pilkada .

 

"Iya, Pasar Tanah Abang tutup. Kemarin juga tutup waktu Pilkada Pertama," katanya di sela bertugas menjaga area Pasar Tanah Abang.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini