Image

BI Pantau Gerak-gerik The Fed dan Perkembangan Geopolitik

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Kamis 20 April 2017, 17:56 WIB
https img o okeinfo net content 2017 04 20 20 1672687 bi pantai gerak gerik the fed dan perkembangan geopolitik jN4HtnekrM jpg Sidang FOMC, The Fed Rate. (Foto: Forbes)

JAKARTA - Prospek pertumbuhan ekonomi dunia diperkirakan terus membaik meskipun masih terdapat risiko yang perlu dicermati.

Prospek ekonomi dunia yang meningkat antara lain ditopang oleh ekonomi Amerika Serikat (AS) yang terus menguat disertai dengan membaiknya ekonomi Eropa dan Tiongkok.

Pertumbuhan ekonomi AS semakin solid didukung oleh konsumsi sejalan dengan kondisi ketenagakerjaan yang positif dan investasi yang membaik terutama di sektor energi seiring dengan kenaikan harga minyak. Demikian dikatakan oleh Direktur Eksekutif Bank Indonesia Tirta Segara, di Jakarta, Kamis (20/4/2017).

Perekonomian Eropa berpotensi meningkat ditopang perbaikan konsumsi dan ekspor. Perekonomian Tiongkok diperkirakan tetap kuat didukung oleh konsumsi dan investasi, khususnya infrastruktur. Demikian seperti dikutip

Meskipun harga komoditas dunia termasuk minyak diperkirakan tetap tinggi, perkembangan inflasi global diperkirakan tetap terkendali.

Ke depan sejumlah risiko global tetap perlu diwaspadai, antara lain wacana penurunan besaran neraca bank sentral AS dan dampaknya terhadap pasar keuangan global, kelanjutan kenaikan suku bunga di AS serta perkembangan geopolitik terkini di beberapa kawasan.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini