Image

Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I-2017, BI: Di Bawah Perkiraan

Ulfa Arieza, Jurnalis · Kamis 20 April 2017, 18:06 WIB
https img okeinfo net content 2017 04 20 20 1672706 pertumbuhan ekonomi kuartal 1 2017 bi di bawah perkiraan OQ4zJOvD43 jpg Bank Indonesia. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan I-2017 diperkirakan tetap baik meskipun di bawah perkiraan semula.

Pertumbuhan ekonomi tersebut terutama dipengaruhi oleh investasi yang membaik dan kinerja ekspor yang tetap positif.

Investasi pada triwulan I 2017 yang membaik didukung oleh investasi bangunan dan nonbangunan.

Perbaikan investasi nonbangunan didukung oleh kenaikan harga komoditas seperti terlihat pada penjualan alat berat untuk pertambangan dan perkebunan yang meningkat. Kenaikan harga komoditas juga mendorong kinerja ekspor yang tumbuh positif. Demikian dikatakan oleh Direktur Eksekutif Bank Indonesia Tirta Segara, di Jakarta, Kamis (20/4/2017).

Sementara itu, pertumbuhan konsumsi rumah tangga pada triwulan I-2017 berpotensi sedikit melambat tercermin dari pertumbuhan penjualan eceran dan motor yang menurun, dipengaruhi oleh proses konsolidasi korporasi yang masih berlanjut.

Pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan meningkat pada triwulan II-2017 ditopang oleh perbaikan investasi dan ekspor, sedangkan konsumsi diperkirakan relatif stabil.

Sementara itu, membaiknya harga komoditas dan menguatnya permintaan terkait pemulihan ekonomi gobal diperkirakan akan mendorong perbaikan kinerja ekspor dan investasi. Ke depan, peran stimulus fiskal diharapkan dapat tetap terjaga dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini