Image

Mantan Menteri ESDM Era Orde Baru Angkat Suara Soal Freeport

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 20 April 2017, 17:29 WIB
https img o okeinfo net content 2017 04 20 320 1672652 mantan menteri esdm era orde baru angkat suara soal freeport pYjCOchNg5 jpg Foto: Feby/Okezone

JAKARTA - Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) era orde baru atau yang dulu disebut Menteri Pertambangan dan Energi Soebroto angkat bicara terkait konflik pemerintah dengan PT Freeport Indonesia (PTFI).

Menurut mantan menteri era Presiden Soeharto ini, sebetulnya kepentingan pemerintah dan Freeport sama. Pemerintah punya kekayaan alam yang harus dikelola, tapi belum bisa. Sedangkan Freeport mempunyai kemampuan dan di Indonesia itu yang dicari dan bisa dipergunakan.

"Artinya memang kedua-duanya  saling membutuhkan. Mereka juga saling mengetahui perbedaan,  pemerintah sebagian besar di terima pengusaha, begitu juga Freeport diterima pemerintah," ujarnya saat ditemui di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (20/4/2017).

Atas dasar kepentingan yang saling membutuhkan, maka kata Soebroto, akan ada titik temu dari pada permasalahan yang saat ini terjadi.

"Permintaan dari pada Freeport kita pertimbangkan karena mereka sudah mau mengubah dari KK jadi IUPK.  Jadi sifatnya optimis pemecahan dari kedua belah pihak tidak ada,"tandasnya.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini