Image

Nilai Kerjasama AS-Indonesia Capai Rp106,4 Triliun, Termasuk Freeport?

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis 20 April 2017, 17:34 WIB
https img o okeinfo net content 2017 04 20 320 1672658 nilai kerjasama as indonesia capai rp106 4 triliun termasuk freeport p2b5ssetmu jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

JAKARTA - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) telah melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada hari ini. Pertemuan ini dilakukan usai melakukan kunjungan kenegaraan ke Istana Merdeka untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, pada pertemuan ini terdapat beberapa kerjasama yang disepakati. Khususnya adalah pada sektor sendiri yang juga turut disepakati dalam pertemuan ini.

"Deal-deal bisnisnya semua di bidang energi. Dari maslah limbah menjadi energi, geothermal, kemudian mengenai advance service unit," tuturnya di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis (20/4/2017).

Adapun nilai kerjasama mencapai USD8 miliar atau sekira Rp106,4 triliun. Namun, Menlu tidak menjelaskan lebih detail apakah angka kerjasama ini termasuk masalah Freeport. Hanya saja, Menlu menekankan bahwa persoalan Freeport telah usai dibahas.

"Nilainya yang ditandatangani di depan kedua wapres USD8 billion. System advance nett ring infrastructure. Jadi lebih banyak semuanya yang di bidang energi. Dari geothermal pengolahan limbah dan sebagainya. Kalau Freeport is done. Kan sudah ditanda tangan," tuturnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini