Image

Kembalikan Rp715 Triliun, China Juga Pangkas Pajak Bagi UMKM

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 21 April 2017, 00:17 WIB
https img k okeinfo net content 2017 04 20 320 1672668 kembalikan rp715 triliun china juga pangkas pajak bagi umkm j1HFz04XVH jpg China. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pemerintah China berencana untuk memberikan pengembalian pajak sebesar USD55 miliar atau sekira Rp715 triliun jika mengacu kurs Rp13.000 per USD, untuk mendorong belanja konsumen dan mendorong pertumbuhan ekonomi China.

Selain itu, sistem pajak pertambahan nilai akan dikurangi dari empat menjadi tiga, dan tarif pajak untuk beberapa produk termasuk gas alam dan barang pertanian, akan dipotong menjadi 11% dari 13%. Potongan pajak tersebut, dilakukan guna mendorong usaha kecil dan menengah dengan pendapatan tahunan sebesar 500.000 yuan atau kurang.

Melansir CNBC, Pemerintah China juga berencana meluncurkan insentif untuk meningkatkan teknologi dan Litbang. Dengan demikian, mulai 1 Juli warga yang membeli asuransi kesehatan mereka sendiri mendapatkan pemotongan 2.400 yuan dari penghasilan kena pajak mereka.

"Melalui pemotongan pajak lebih lanjut secara efektif akan mendorong laju ekonomi China," jelas Pejabat China Menteri Li Keqiang.

Pemotongan pajak China tahun ini, merupakan bagian dari upaya lebih besar untuk mengelola pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di dunia. Beijing bekerja keras untuk melakukan manuver transisi yang rumit dari model lama yang mengandalkan pertumbuhan manufaktur, menjadi ekonomi yang didukung dari konsumsi dan layanan.

Meski pertumbuhan tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan pada 6,9% di kuartal pertama, para ahli memperingatkan adanya potensi perlambatan ekonomi pada paruh kedua tahun ini.

Pemotongan pajak tersebut, diumumkan setelah pertemuan Dewan Negara China, yang dipimpin oleh Li. Dengan pemangkasan pajak tersebut, diperkirakan akan menurunkan beban pajak pada perusahaan dan individu China sekitar 380 miliar yuan tahun ini.

China sudah memulai perombakan pajak terbesarnya tahun lalu, sebagai bagian dari rencana yang lebih besar untuk menurunkan beban pajak pada perusahaan jasa dan untuk meningkatkan ekonomi secara keseluruhan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini