Image

Soal Freeport, Wapres AS Puas dengan Penjelasan Jokowi

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis 20 April 2017, 18:18 WIB
https img z okeinfo net content 2017 04 20 320 1672725 soal freeport wapres as puas dengan penjelasan jokowi wGa6r6R30j jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat (AS) Michael Richard Pence telah menghasilkan sejumlah kesepakatan. Dalam bidang ekonomi, kesepakatan yang dihasilkan di antaranya adalah pada peningkatan sektor perdagangan dan investasi.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pada pertemuan ini juga sempat dibahas tentang Freeport. Hanya saja, pembahasan ini tidak dilakukan secara intensif karena fokus pembahasan adalah pada sektor investasi hingga perdagangan.

Hanya saja, menurut Luhut, Mike Pence puas dengan penjelasan Presiden Joko Widodo. Utamanya penjelasan tentang divestasi saham sebesar 51%.

"Tadi Presiden bicara sama Pence juga bagus, Pence sangat puas dengan penjelasan Presiden. Rakyat kita minta saham lebih banyak, masa enggak boleh?" tuturnya di Kompleks Istana Negara, Kamis (20/4/2017).

Lantas, Bagaimana dengan divestasi saham Freeport sebesar 51% yang akan dilakukan oleh pemerintah?

Menurut Luhut, pembahasan ini telah hampir selesai dilakukan. Diharapkan, pembahasan ini nantinya dapat selesai dalam waktu singkat bersamaan dengan tuntutan beberapa Freeport sebelumnya.

"Pak Jonan (Menteri ESDM) melaporkan sudah, perundingan sudah hampir pada final dengan Freeport, kita berharap dalam minggu depan sudah selesai soal teknisnya," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini