Image

Ingin Bangun Disneyland di Indonesia? Ini Syarat dari BKPM

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 20 April 2017, 22:11 WIB
https img k okeinfo net content 2017 04 20 320 1672902 ingin bangun disneyland di indonesia ini syarat dari bkpm QLQ3IRdnDg jpg Sumber Foto: Setkab

JAKARTA - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong mengatakan, untuk membangun taman bermain sebesar dan semewah Disneyland dibutuhkan prosedur dan langkah panjang. Menurutnya langkah pertama yaitu Pemerintah Daerah (Pemda) harus mulai mengikuti reformasi yang sudah dimulai di pusat.

"Saya kira pemda mesti mulai mengikuti reformasi yang sudah dimulai di pusat," ujar Thomas, di Hotel ShangriLa,Jakarta, Kamis, (20/4/2017)

Menurutnya saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tahunan BKPM dengan 500 BKPM daerah yang dikatakan oleh Presiden  Joko Widodo dibutuhkan koordinasi, integrasi, dan standarisasi. Dengan begitu, Pemda jangan mencoba untuk jalan sendiri hingga bikin format sendiri.

"Presiden bilang kalau seperti itu, ya itu memecah belah bukan jadi satu pasar yang besar, tapi pasar lokal yang kecil," kata Lembong

Sekali lagi Thomas menegaskan diperlukan izin BKPM. Setelah mendapat izin berikutnya koordinasi, integrasi, dan standarisasi ke pemda dan BKPM daerah.

"Sangat  jelas, kita harus menghormati kekayaan intelektual. merek besar kan di paten dan di trademark, kita punya kewajiban menghormati trademark dan paten di negara lain melalui perjanjian dagang dan ekonomi. enggak boleh ambil sembarangan merek logo dari negara lain," kata Lembong.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini