Image

Ini Cara Jambi Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis 20 April 2017, 22:35 WIB
https img k okeinfo net content 2017 04 20 320 1672914 ini cara jambi tingkatkan pertumbuhan ekonomi WH0niZHK11 jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melanjutkan rapat terbatas dengan topik pembahasan tentang evaluasi pelaksanaan proyek strategis nasional dan program prioritas di Provinsi Jambi. Turut hadir dalam rapat ini Gubernur Jambi Zumi Zola.

Menurut Jokowi, pemerintah harus dapat memanfaatkan momentum peningkatan pertumbuhan ekonomi di Jambi yang mulai meningkat kembali di tahun 2016. Pada tahun 2016 lalu, ekonomi di Provinsi Jambi tercatat tumbuh 4,37% dan diharapkan dapat terus tumbuh tinggi pada tahun-tahun yang akan datang.

Menanggapi hal ini, Zumi mengatakan bahwa Provinsi Jambi akan menggunakan berbagai potensi yang ada untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Salah satunya adalah pada sektor pariwisata.

"Jambi kan punya (Gunung) Kerinci. Tapi harus diselesaikan infrastrukturnya," tuturnya di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis (20/4/2017).

Salah satu infrastruktur yang harus dikembangkan adalah bandar udara (bandara). Untuk itu, Jambi akan mengembangkan Bandara Depati Parbo. Bandara ini terletak di Desa Hiang Kecamatan Sitinjau Laut, Kabupaten Kerinci, Jambi.

"Nanti fisiknya dibangun secara bertahap oleh Menteri Perhubungan," tuturnya.

Dukungan dari Kementerian Pariwisata pun juga sangat diharapkan untuk mengembangkan pariwisata di kawasan ini. Tak hanya itu, dukungan dari maskapai juga dibutuhkan agar pariwisata Jambi dapat dikenal secara lebih luas oleh masyarakat.

Sebelumnya, menurut catatan Jokowi, ekonomi di Jambi selama ini ditopang oleh sektor pertanian, kehutanan, perikanan, hingga perdagangan. Untuk mendukung produktivitas sektor pertanian, Jokowi pun meminta untuk disiapkan infrastruktur pendukung seperti infrastruktur bendungan, irigasi, bibit, pupuk serta peningkatan teknologi pertanian.

Jokowi juga meminta agar pemerintah Provinsi Jambi tidak hanya fokus pada sektor pertanian. Menurutnya, proses hilirisasi juga diperlukan untuk menopang perekonomian daerah.

"Di luar itu untuk meningkatkan nilai tambah bagi perekonomian daerah, maka perlu segera dikembangkan proses hilirisasi industri dan dengan hilirisasi ini maka sektor pertanian yang menjadi unggulan daerah bisa terhubung dengan pengembangan industri pengolahannya, sehingga diharapkan bukan hanya mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi, tapi juga menciptakan lapangan pekerjaan baru dan mengurangi ketimpangan pendapatan yang ada," ungkapnya.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini