Image

Duh, Pasar Modal Indonesia Kekurangan Figur Kartini Masa Kini

Ulfa Arieza, Jurnalis · Jum'at 21 April 2017, 11:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 04 21 278 1673177 duh-pasar-modal-indonesia-kekurangan-figur-kartini-masa-kini-qSwxAOibKl.jpg Kartini BEI. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Tingkat partisipasi investor perempuan di pasar modal masih rendah dibandingkan dengan partisipasi kaum pria. Sehingga, peluang bagi perempuan untuk menjadi investor di pasar modal masih terbuka lebar.

Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan Kusumaningtuti S Soetiono mengatakan, dari 250 juta populasi di Indonesia, hanya 11% yang menggunakan produk pasar modal. Kendati lebih tinggi angka partisipasi laki-laki di pasar modal, tetapi gap partisipasi antara perempuan dan laki laki tidak besar begitu besar.

"Tapi potensi masih terbuka lebar untuk mengajak anak keluarga ibu juga mengutamakan perempuan untuk kita edukasi supaya pandai melakukan perencanaan menjadi kelompok yang utama," ujarnya di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (21/4/2017).

Menurutnya, peran perempuan yang sangat dominan sebagai perencana keuangan keluarga, membutuhkan dorongan tingkat literasi keuangan. Saat ini tingkat literasi keuangan perempuan secara nasional masih di bawah tingkat literasi laki-laki. "Hingga saat ini tingkat literasi perempuan 25%, nasionalnya sudah 29,6% per 2016 sedangkan pria 33%," terangnya.

Sedangkan tingkat inklusi nasabah perempuan pada sektor keuangan juga masih di bawah tingkat inklusi laki - laki. Tingkat inklusi secara nasional sebesar 67,8%. "Perempuan 60% sedangkan pria 69%, jadi memang dari angka indeks masih di bawah," tambahnya.

Guna mendorong partisipasi literasi dan inklusi perempuan di sektor keuangan khususnya di pasar modal modal maka pihak BEI menyelenggarakan acara Kartini, Yuk Nabung Saham Expo yang berlangsung dari tanggal 21-23 April 2017. Acara ini bertepatan dengan Peringatan Hari Kartini.

Ada beberapa rangkaian acara antaranya yang mendatangkan para pembicara wanita yang profesional di bidangnya masing-masing. Tidak hanya memiliki keterampilan di bidangnya, para Kartini tersebut juga tercatat sebagai investor aktif di pasar modal.

Antara lain Lifestyle Blogger Tara Amelz, Pulbic Figur Astrid Satwika, Public Figur Widi Mulia, Financial Blogger Fioney Sofyan, Founder Cewequat Bunga Mega, Perencana keuangan Nurfitriavi, serta Perencana Keuangan Indah Hapsari.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini