Image

Pasar Modal Acuhkan Kedatangan Wapres Amerika

Ulfa Arieza, Jurnalis · Jum'at 21 April 2017, 13:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 04 21 278 1673295 pasar-modal-acuhkan-kedatangan-wapres-amerika-kuHCRDrAJm.jpg Wapres Amerika Michael Richard Pence. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Michael Richard Pence ke Indonesia nampaknya tidak memberikan pengaruh ke pergerakan pasar modal Indonesia. Pasalnya, kunjungan tersebut cenderung ke arah kerjasama diplomatis sehingga pelaku pasar tidak memberikan respon yang signifikan atas kunjungan Mike Pence.

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengatakan, pelaku pasar belum mengetahui secara gamblang maksud kedatangan Mike Pence serta kerjasama yang dihasilkan kedua negara.

Menurut Tito, laporan kinerja emiten pada tahun buku 2016 maupun pada kuartal pertama menjadi katalis positif bagi laju pasar modal Indonesia dibandingkan dengan kedatangan orang nomor dua di AS tersebut.

"Tidak ada karena itu kan kedatangannya kedatangan diplomatis kita tidak tahu apa yang dikerjakan berdua tetapi yang pastinya saat ini fundamental Perseroan tahun 2016 lebih mempengaruhi," terangnya di Gedung BEI, Jumat (21/4/2017).

Kedatangan Mike Pence, lanjut Tito, juga tidak menjamin tambahan investasi asing di pasar modal. Kendati demikian Tito mengatakan bahwa nilai investasi asing di BEI cukup tinggi. Net buy asing di Indonesia lebih dari Rp60 triliun.

"Saya tidak lihat ada hubungan (dengan investasi) karena buat kami market melihat sebagai hubungan diplomatis jangka panjang kita tidak tahu detail apa yang mereka bicarakan," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, Mike Pence telah melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pertemuan ini dilakukan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Kunjungan ini terbilang istimewa bagi Indonesia. Pasalnya, Indonesia dipilih sebagai 1 dari 3 negara dalam lawannya ke Asia. Selain Indonesia, Wapres AS juga mengunjungi Jepang dan Korea Selatan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini