Image

Pilkada DKI Kondusif, Bos BEI: Pasar Modal Kebal Sentimen Politik

Ulfa Arieza, Jurnalis · Jum'at 21 April 2017, 14:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 21 278 1673357 pilkada-dki-kondusif-bos-bei-pasar-modal-kebal-sentimen-politik-r4KdPabLv8.jpg BEI. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengatakan bahwa aktivitas perdagangan di pasar modal Indonesia tidak terpengaruh oleh sentimen politik dari pelaksanaan Pilkada DKI Putaran Kedua yang berlangsung pada tanggal 19 April 2017 lalu. Terlebih karena Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua berlangsung secara kondusif.

"Bursa tidak pernah terpengaruh oleh keadaan politik bangsa, historically dan sekarang terbukti lagi," terangnya di Gedung BEI, Jumat (21/4/2017).

Terbukti, lanjut Tito, pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak stabil. Adapun kenaikan maupun tekanan yang terjadi masih dalam batas wajar. "Ya lancar saja tidak naik banget tidak turun banget sesuai dengan market yang ada," tambahnya.

Menurut Tito, katalis positif bagi laju IHSG saat ini berasal dari rilis laporan kinerja emiten pada tahun buku 2016 maupun pada kuartal pertama tahun 2017 dibandingkan dengan sentimen dan hasil Pilkada DKI Jakarta.

Terutama, laporan emiten banyak menunjukkan kinerja positif sepanjang tahun 2016 serta pada kuartal pertama tahun 2017. "Fundamental daripada hasil perseroan tahun 2016 lebih mempengaruhi dibanding kejadian pilkada," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, warga Jakarta baru saja menghelat pesta demokrasi Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua. Melalui survei hitung cepat yang diselenggarakan oleh beberapa lembaga survei, dipastikan bahwa pasangan calon nomor urut tiga, Anis - Sandi berhasil membawa kemenangan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini