Image

Presiden Jokowi Resmikan Pasar Klewer di Hari Kartini

Bramantyo, Jurnalis · Jum'at 21 April 2017, 10:20 WIB
https img o okeinfo net content 2017 04 21 320 1673124 presiden jokowi resmikan pasar klewer di hari kartini HYhebOo5dC jpg Foto Pasar Klewer (Bramantyo/Okezone)

SOLO - Setelah habis terbakar pada 2014, pasar tekstil terbesar di Jawa Tengah kembali beroperasi. Pengoperasian kembali pasar tekstil terbesar di Jawa Tengah yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pertepatan dengan Hari Kartini ini, bagaikan kado bagi warga Solo.

Pantauan Okezone, kirab para pedagang Pasar Klewer yang sementara menempati pasar darurat di alun-alun Kraton, sekira pukul 8.00 WIB menandai kepindahan para pedagang ke Pasar Klewer.

Tiga buah gunungan berisikan hasil bumi seperti sayuran, buah-buahan serta pakaian dalam perempuan dibentuk gunungan serta maskot pakaian dalam wanita berukuran raksasa terbuat dari kayu jati diiringi empat tokoh pewayangan, punokawan, serta reog ponorogo, diusung menuju lokasi peresmian.

Berbeda dengan pasar klewer lama, pasar klewer yang di resmikan oleh mantan Wali Kota Solo ini jauh lebih modern.

Pasar Klewer baru ini ada empat bangunan. Ditiap-tiap lantai, ada eskalator serta life. Untuk jumlah kios sendiri sebanyak 2.639 kios.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan selama dua tahun menempati pasar darurat, pedagang tidak dipungut retribusi, hanya dikenakan untuk biaya sewa saja.

"Baru setelah pindah lokasi baru, retribusi akan dikenakan kembali," terang Enggartiasto dilokasi peresmian pasar klewer, Solo, Jawa Tengah, Jumat (21/4/2017).

Menurut Enggartiasto, pendapatan retribusi dipastikan akan transparan. Sehingga uang retribusi tidak bocor. Dan semua pedagang mendapat tempat di lokasi baru ini.

"Untuk pedagang emperan di lokasi baru ini naik semua keatas, semua dapat space diatas. Kalau di pasar sementara tidak dipungut retribusi, baru nanti setelah menempati lokasi baru, retribusi mulai ditarik, sekitar awal bulan Mei, " jelas Enggar.

Selain meresmikan pasar Klewer, Presiden Jokowi pun direncanakan secara simbolis menyerahkan kunci kios pada para pedagang serta NPWP, BPJS Ketenagakerjaan,dan E-Retribusi pada para pedagang.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini