Image

Penerapan Euro 4 Tak Mungkin Lancar 100%

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 21 April 2017, 13:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 04 21 320 1673292 penerapan-euro-4-tak-mungkin-lancar-100-L9AVnD8hCC.jpg Ilustrasi SPBU milik Pertamina. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah Indonesia akan segera memberlakukan standar emisi Euro 4 secara bertahap mulai tahun depan. Akan tetapi, PT Pertamina masih melakukan kajian kilang pabrik untuk mencapai standar Euro 4. Pertamina masih membutuhkan koordinasi internal antara Pertamina dan Pemerintah untuk dapat mengejar target yang telah ditetapkan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bambang Hendroyono mengatakan, pemberlakuan Euro 4 merupakan salah satu inovasi dalam mendukung ketahanan energi. Untuk itu, kajian mengenai penerapannya harus segera dilakukan sesegera mungkin namun harus bertahap.

"Kalau tidak dimulai dari sekarang akan mundur-mundur terus. Jadi yang namanya mulai kan tidak harus jadi langsung seluruhnya. Ada proses implementasi, evaluasi, dan nanti kita juga tetap koordinasi sama Kementrian yang lain," ujar Bambang di Kantor Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Jakarta, Jumat (21/4/2017)

Lebih lanjut Bambang menginginkan agar tidak ada pertentangan dalam tahapan penerapan Euro 4. Dia berharap, tahapan penerapan Euro 4 bisa segera dilakukan termasuk komunikasi dengan publik, implementasi dan skala uji coba, di mana penerapan Euro 4 rencananya akan berlaku efektif mulai 10 Oktober 2018.

"Kalau di perjalanannya harus diperbaiki ya diperbaiki. Tidak harus langsung jadi 100%, bertahap. Kan menuju 2021 kan harus ada tahapan perencanaan, dimulai dengan komunikasi dengan publik, implementasi, skala uji coba. Itu aja yang bisa disandingkan. Jadi tidak ada pertentangan," kata Bambang

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia akan segera memberlakukan standar emisi Euro 4 secara bertahap mulai tahun depan. Pemberlakuan ini sesuai amanat Peraturan Menteri (Permen) LHK Nomor 20/Setjen/Kum.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O.

Pemberlakuan peraturan tersebut diperuntukkan bagi standar emisi Euro 4 kendaraan bermotor tipe baru dan yang sedang diproduksi berbahan bakar bensin. Aturan tersebut akan berlaku efektif mulai 10 Oktober 2018.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini