Image

Datang ke Indonesia, Wapres Amerika Bawa Investasi USD10 Miliar

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 21 April 2017, 13:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 21 320 1673308 datang-ke-indonesia-wapres-amerika-bawa-investasi-usd10-miliar-uDpokSxkJK.jpg Wapres Amerika Michael Richard Pence. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Michael Richard Pence melakukan kunjungan kerja ke Indonesia. Dalam kunjungan kerja tersebut, juga dihasilkan kesepakatan bisnis dengan Indonesia.

Dalam pidatonya, Pence mengatakan hubungan ekonomi Indonesia dengan Asia Pacific, termasuk Indonesia, merupakan hubungan yang sudah berlangsung sejak lama. Menurutnya, Amerika telah masuk sejak 1971, memuli perusahaan-perusahaan besar untuk berinvestasi di Indonesia dan berbagi masa depan.

"Perusahaan Amerika melihat potensi yang luar biasa di wilayah ini, di mana indonesia adalah jantungnya," ujar dia di Shangri-La, Jakarta, Jumat (21/4/2017).

Pence melanjutkan, negara-negara anggota gabungan ASEAN, adalah negara-negara yang menjadi tujuan investasi utama bagi Amerika. Bahkan, dia mengklaim investasi di ASEAN lebih besar dari investasi gabungan di China, India dan Jepang.

"Angka yang ditunjukkan ini luar biasa. Ikatan ekonomi yang luar biasa ini merupakan bukti adanya ikatan antara AS dan ASEAN. Ada 11 transaksi besar bernilai lebih dari USD10 miliar yang terjadi hari ini," katanya.

Dia melanjutkan, kerjasama ini merupakan bentuk ketertarikan perusahaan Amerika di Indonesia. Menurutnya, hari ini bisa dibilang sebagai hari bersejarah bagi kemitraan Indonesia-Amerika.

"Indonesia dan Amerika bisa berbuat lebih banyak untuk memperbaiki perdagangan. Ekspor Amerika telah turun 30% dalam empat tahun terakhir," tutur dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini