Image

Berbagai Jenis Asuransi yang Perlu Anda Ketahui

Agregasi Jum'at 21 April 2017, 22:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 04 21 320 1673332 berbagai-jenis-asuransi-yang-perlu-anda-ketahui-Cs5bFSih8t.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

SAAT ini sebagian orang telah mengambil asuransi karena dinilai bisa menjadi alternatif yang tepat dalam meringankan suatu risiko yang besar dalam kehidupannya. Di Indonesia sendiri terdapat banyak perusahaan asuransi untuk berbagai kalangan masyarakat.

Bagi Anda yang ingin mengambil jasa asuransi, sebelumnya sangatlah penting untuk mengetahui berbagai jenis asuransi yang ada di Indonesia. Masing-masing jenis asuransi ini memiliki karakteristik yang berbeda. Berikut ini adalah jenis-jenis asuransi yang dijual di Indonesiayang perlu diketahui.

1. ASURANSI JIWA

Asuransi jiwa adalah produk asuransi yang bertujuan untuk menanggung seseorang dari risiko yang menimpa jiwa, seperti kematian sehingga menimbulkan kerugian finansial bagi dirinya dan keluarganya. Manfaat dari asuransi jiwa ini antara lain:

1. Meminimalisir risiko terhadap jiwa yang tidak terduga

2. Terjaminnya finansial keluarga

3. Persiapan dana cadangan

Ada 2 jenis asuransi jiwa yaitu Term Life dan Whole Life. Hal yang membedakan di antara keduanya adalah besarnya premi dan lama waktu berlakunya asuransi tersebut. Jika pada Asuransi Term Life memberikan proteksi atau perlindungan dengan jangka waktu tertentu, misalnya 1, 5 dan 10 tahun.

Dana premi yang terkumpul akan hangus pada akhir periode, tetapi nilai tanggungan asuransi yang satu ini nantinya akan jauh lebih besar. Sedangkan Asuransi Whole Life dapat memberikan proteksi seumur hidup.

Namun, tentunya dengan dana premi yang lebih besar. Jika pemegang polis tidak meninggal dunia selama masa kontrak asuransi ini, maka ia dapat meminta dana tersebut namun dengan jumlah uang pertanggungan yang lebih kecil.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ini harus bisa menjadi pertimbangan Anda jika ingin memilih satu diantaranya.

2. ASURANSI KESEHATAN

Asuransi kesehatan adalah suatu produk asuransi yang hanya menangani masalah kesehatan karena suatu penyakit sehingga pemegang asuransi harus mendapat rawat inap di suatu rumah sakit selama waktu tertentu.

Melalui asuransi kesehatan, seseorang bisa mendapatkan perawatan kesehatan yang layak, meningkatkan efisiensi tindakan ketika kesehatan terancam dan meringankan beban biaya rumah sakit untuk sementara waktu.

Tentunya biaya rumah sakit atau pengobatan cenderung tidak murah bagi kebanyakan orang. Jenis asuransi inilah yang paling banyak dimiliki oleh kalangan masyarakat di Indonesia. Biasanya asuransi ini diberikan oleh suatu perusahaan atau instansi tempat seseorang bekerja.

3. ASURANSI PENDIDIKAN

Asuransi pendidikan adalah suatu jenis asuransi yang memberikan perlindungan terhadap pendidikan seorang anak. Kita tahu bahwa biaya pendidikan terus mengalami peningkatan seiring dengan semakin modernnya zaman. Karena itu, keputusan mengambil asuransi pendidikan menjadi salah satu hal yang tepat bagi sebagian orang.

Manfaat asuransi pendidikan ini adalah menjamin biaya pendidikan anak dengan jumlah tertentu, investasi dari sebagian premi yang dibayarkan tiap bulannya dan keberlanjutan pendidikan anak. Dengan asuransi pendidikan ini, Anda bisa menjamin kelangsungan pendidikan anak bahkan ketika Anda sudah tidak mampu lagi bekerja.

4. ASURANSI PROPERTI

Properti atau aset yang Anda miliki, seperti rumah, mobil dan lainnya tentu merupakan hal-hal yang berharga untuk dijaga keutuhannya.

Namun, terkadang Anda tidak bisa menjaganya setiap saat. Karena dengan asuransi ini, aset atau properti yang Anda miliki dapat dilindungi dari berbagai hal yang tak terduga, misalnya kebakaran, bencana alam dan sebagainya yang mungkin dapat merusak keutuhan properti atau aset yang Anda miliki.

(dnb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini