Image

Inilah Pengeluaran yang Harus Dihindari

Agregasi Jum'at 21 April 2017, 23:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 04 21 320 1673359 inilah-pengeluaran-yang-harus-dihindari-B14beeBAtK.jpg Ilustrasi (shutterstock)

SERING kali kita merasa bahwa kita sudah memperhitungkan segala jenis pengeluaran dengan tepat sehingga masalah kehabisan uang sebelum akhir bulan tidak mungkin terjadi. Namun yang terjadi tidak sesuai dengan harapan. Malah gaji yang diterima sudah habis hanya dalam waktu tiga minggu.

Beberapa sumber mengatakan, kita harus bisa menyisihkan setidaknya 5% hingga 10% dari penghasilan yang diterima untuk ditabung setiap bulannya. Keinginan menabung sudah sangat kuat, namun apakah Anda sudah berkomitmen dan menjadikan tabungan sebagai suatu prioritas?

Agar bisa menyisihkan setidaknya 5% hingga 10% untuk ditabung setiap bulannya, ada beberapa jenis pengeluaran yang harus dihindari, diantaranya:

1. Meminjamkan Uang

Membantu teman yang sedang kesusahan adalah salah satu tindakan yang mulia. Namun jangan sampai bantuan yang diberikan sampai memberatkan diri sendiri. Saat teman bahkan sahabat butuh uang, mau tidak mau Anda meminjamkan uang karena merasa tidak tega. Namun Anda perlu berhati-hati ketika meminjamkan uang kepada mereka.

Saat berada dalam kondisi ekonomi yang sulit, kemungkinan terjadinya kredit macet sangat besar. Jangan sampai karena mereka telat membayar, tabungan yang ada di rekening Anda jadi berkurang. Jika mereka belum membayar, Anda bisa menagihnya dengan cara yang baik dan sopan agar keharmonisan persahabatan tetap terjaga.

2. Pengeluaran Untuk Makan

Makan adalah kebutuhan manusia yang tidak bisa dilewatkan. Namun sadar atau tidak, kebiasaan makan ini sering kali menghabiskan banyak uang. Apalagi jika memilih untuk selalu makan di luar terutama di restoran-restoran mahal. Sudah pasti uang di dompet akan cepat terkuras.

Hindari juga untuk selalu menjadi volunteer saat membayar makanan yang dipesan. Maksudnya di sini, Anda selalu mau jika disuruh teman-teman untuk membayar makanan mereka.

Jika Anda termasuk orang yang seperti ini, cobalah untuk mengikis kebiasaan buruk ini. Jadi ketika bill diberikan, Anda bisa meminta teman-teman untuk membayar makanan yang dipesannya dengan cara yang sopan.

3. Biaya Bensin dan Pulsa

Sebenarnya kedua biaya ini termasuk biaya yang wajar dikeluarkan setiap bulan mengingat keduanya perlu sebagai penunjang aktivitas yang akan dilakukan sehari-hari, terutama jika Anda termasuk salah satu orang yang punya mobilitas yang tinggi.

Namun jangan terlalu menghabiskan uang hanya untuk bensin dan pulsa. Agar keuangan tetap terjaga, Anda bisa merencanakan keduanya sejak awal gajian.

4. Bergantung Pada Kartu Kredit

Kartu kredit adalah alat pembayaran yang sangat membantu jika Anda kehabisan uang cash atau tunai ketika berbelanja. Keberadaan kartu kredit juga sangatlah membantu. Namun jangan sampai terlalu bergantung pada kartu kredit. Tetapkan limit kartu kredit agar Anda tidak sampai kebablasan hingga utang kartu kredit menumpuk.

5. Perilaku Konsumtif

Sadar atau tidak, sifat konsumtif sering kali menjerat Anda pada keuangan yang tidak sehat. Alhasil gaji yang diterima setiap bulannya sudah pasti tidak akan cukup jika masih saja memelihara kebiasaan buruk yang satu ini.

Anda yang termasuk orang yang konsumtif seperti suka berbelanja, suka makan di luar, dan suka pergi hang out perlu memikirkan dampak yang akan ditimbulkan dari kebiasaan ini. Mulailah berpikir bahwa masih ada kebutuhan lain yang lebih perlu daripada menghambur-hamburkan uang.

Sikap “hemat” memang sulit diterapkan. Namun bisa disiasati dengan memprioritaskan segala kebutuhan mulai dari yang paling penting hingga tidak penting

(dnb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini