Image

Kementerian ESDM Wajibkan SPBU Jual BBG, Harus Ada Amdalnya

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 21 April 2017, 14:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 21 320 1673374 kementerian-esdm-wajibkan-spbu-jual-bbg-harus-ada-amdalnya-2rXfp4IfYv.jpg Foto: Koran SINDO

JAKARTA - Kementrian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) mewajibkan kepada para Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) untuk menjual Bahan Bakar Gas (BBG). Kebijakan ini dinilai memerlukan aspek lingkungan sekitar SPBU guna menghindari kemungkinan risiko yang ditimbulkan.

"Sudah, pasti mendorong sebagai substitusi, Itu yang perlu di lihat aspek lingkungannya," kata Sekretaris Jenderal Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Bambang Hendroyono Bambang di Kantor Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Jakarta, Jumat (21/4/2017).

Dia melanjutkan, nantinya, semua orang yang ingin membuka usaha Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) harus memiliki izin Analisis Dampak Lingkungan (Amdal).

Menurutnya semua bentuk usaha apapun, harus memiliki izin Amdal bukan hanya SPBG ataupun SPBU.

"Kita kan intinya kalau kaitan dengan amdal, semua usaha kan harus ada amdalnya. Dan skalanya ada tingkatan luasan sekian. Itu ada semua. Jadi kita tetap harus mewajibkan semuanya dengan amdal, atau menyertakan surat pengelolaan lingkungan. Jadi semuanya ada aturannya," ujarnya 

Lebih lanjut dirinya menambahkan , sangat wajib hukumnya kepada pengusaha yang ingin membuka usahanya apalagi jika bersentuhan dan berdampak langsung kepada lingkungan.

"Semua sudah yang pasti harus ada amdalnya apalagi berdampak lingkungan itu lebih jelas lagi, nggak hanya SPBU semuanya," kata Bambang.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini