Image

Bentuk Holding, Kementerian BUMN Harus Poles Karyawannya

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 21 April 2017, 17:33 WIB
https img z okeinfo net content 2017 04 21 320 1673612 bentuk holding kementerian bumn harus poles karyawannya AufxybAFn7 jpg Ilustrasi: Okezone

SLEMAN - Langkah pemerintah dalam mewujudkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi pemain kelas dunia makin mantap dengan rencana pembentuk perusahaan (holding) BUMN. Namun untuk semakin memantapkan rencana holding, diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Brand Consultant Ethnomark Consulting Amalia E. Maulana mengatakan, di luar target bisnis holding, Kementerian BUMN harus memberikan target peningkatan kualitas BUMN yang menitikberatkan pada tata kelola perusahaan (Good Corporate Governance).

"Peningkatan kualitas tersebut dilakukan dengan memperbaiki kualitas SDM dan memoles reputasi BUMN,"ujarnya, di Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Jumat (21/4/2017).

Amalia menambahkan, reputasi dibangun tidak sekadar dengan menggenjot external branding, namun juga internal branding. Internal branding berarti membangun reputasi dan trust antar divisi dalam perusahaan.

"Jadi harus bisa dalam satu keluarga besar BUMN,"ujarnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Rini M Soemarno mengatakan, untuk membangun reputasi BUMN yang kuat diperlukan sinergi yang kuat di antara BUMN, antara lain dengan pemantapan pembentukan holding, dan peningkatan tata kelola perusahaan.

“Dengan adanya sinergi internal antara perusahaan BUMN di bawah kendali Kementerian BUMN, kepercayaan masyarakat terhadap peran BUMN bagi perekonomian semakin kuat,” kata Rini.

Upaya mempererat kerjasama antar BUMN tak hanya dilakukan dalam hal bisnis, tapi juga melalui tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibilty (CSR). Dengan rangkaian misi “BUMN Hadir untuk Negeri”, Rini optimistis kepercayaan masyarakat semakin kuat, karena dengan kegiatan CSR memberikan akses BUMN untuk menyentuh langsung kebutuhan masyarakat.

“Sebab, salah satu modal menjadi perusahaan kelas dunia adalah rasa tanggung jawab sosial yang baik,” katanya.

(Rizkie Fauzian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini